Gawat, LIB Belum Bisa Pastikan Kelanjutan Liga 1 2020

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita
Sumber :
  • liga-indonesia.id

VIVA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menggelar lanjutan Liga 1 2020 pada Februari 2021 mendatang. Namun, syarat mutlak kompetisi benar-benar berlanjut adalah harus ada izin dari pihak kepolisian.

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan pendekatan dengan pihak sponsor, klub, hingga kepolisian.

LIB tak ingin kejadian sebelumnya terulang lagi yang mana rencana lanjutan Liga 1 2020 batal dua kali pada Oktober dan November karena kepolisian tak memberikan restu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pd.

Namun, Lukita juga tak bisa menjawab apakah rencana teranyar yakni menggulirkan kompetisi pada Februari bisa terlaksana. LIB tak bisa memberikan jaminan.

"Belum janji apapun ke klub ada manajer tim ngobrol kesulitan klub dan mereka mencari kepastian. Liga ini kan sulit dijawab karena kepastian ini bukan dari kami tapi dari kepolisian," kata Lukita kepada wartawan, Selasa 10 November 2020.

"Kami mau audiensi lagi dan cerita perkembangan liga mau jalan Februari. Kami harus pendekatan lagi. Termasuk ke sponsor juga ngobrol lagi. Minggu ini atau pekan depan karena ada pertemuan lagi. Ini kerja berat seperti memulai bisnis dari nol lagi," sambungnya.

LIB melakukan sejumlah perubahan aturan pada lanjutan Liga 1 2020 ini. Yang paling mencolok adalah tidak akan ada tim yang terjerembab ke degradasi. 

LIB menghapus aturan sebelumnya yakni tiga tim terbawah harus mutasi ke Liga 2 musim depannya. Keputusan ini mendapatkan respons berbeda di kalangan pecinta sepakbola nasional. 

Ada kekhawatiran bahwa Liga 1 2020 jadi tak bergengsi. Sebabnya, klub-klub tak lagi memikirkan lagi ancaman untuk turun kasta. Toh, aturan tersebut tidak berlaku saat ini.