PT LIB Jawab Keluhan Klub Terkait Jadwal Piala Menpora

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita (kiri) dan Sudjarno
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – Sejumlah klub mengeluhkan jadwal Piala Menpora yang terbilang mepet dengan persiapan. Klub hanya mempunyai waktu kurang dari satu bulan guna mempersiapkan diri.

Turnamen pra musim ini rencananya bergulir pada 21 Maret hingga 25 April 2021. Turnamen bakal diikuti 18 klub Liga 1 dan berlangsung di empat daerah yaitu Solo, Bandung, Malang, dan Sleman. 

Direktur utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Akhmad Hadian Lukita, angkat bicara mengenai keluhan sejumlah klub. Menurutnya, turnamen tersebut hanya ajang pemanasan untuk kompetisi Liga 1.

"Ini sebetulnya masalah persiapan lagi, jadi kalau bicara persiapan, ini persiapan ke Liga 1. Kalau mau lebih matang memang idealnya lima minggu atau enam bulan, tapi kami diberi izin 18 Februari kemarin," ujar Lukita di Bandung, Selasa 2 Maret 2021. 

Akhmad melanjutkan, jika turnamen ini di tunda beberapa pekan lagi pihaknya akan kesulitan membuat jadwal. Sebab, khawatir turnamen bentrok dengan Hari Raya Idul Fitri. 

"Jadi tidak mungkin (ditunda). Kita harapkan selesai sebelum lebaran, setelah itu baru mulai Liga 1," tambahnya.

Disinggung mengenai regulasi untuk Piala Menpora, Akhmad memastikan akan mengumumkan dalam waktu dekat ini. Salah satunya pengumuman tentang regulasi pemain. 

"Salah satunya boleh mendaftarkan hingga 30 pemain, sebagai antisipasi kalau ada pemain yang terpapar COVID-19, tapi mudah-mudahan tidak ada ya, pemain muda juga boleh masuk," ucapnya.