Timnas Indonesia Hattrick Gagal ke Perempatfinal Asian Games

Laga Timnas Indonesia U-24 vs Uzbekistan di Asian Games 2022
Sumber :
  • pssi.org

China – Timnas Indonesia U-24 kalah 0-2 dari Uzbekistan dalam babak 16 besar sepakbola Asian Games 2022 yang berlangsung di Stadion Shangcheng Sports Centre Stadium, Kamis 28 September 2023. 

Timnas Indonesia U-24 sejatinya mampu membendung serangan bertubi-tubi dari Uzbekistan. Bahkan, skuad Garuda Muda berhasil memaksakan pertandingan berlanjut ke babak tambahan setelah bermain imbang tanpa gol.

Namun, memasuki menit kedua di babak perpanjangan waktu, Uzbekistan membuka keunggulan 1-0 lewat gol yang diciptakan Shezod Esanov. 

Indonesia sebenarnya mampu mencetak gol melalui Ramadhan Sananta. Namun, wasit menganulir karena pemain Persis Solo itu dalam posisi offsiden.

Laga Timnas Indonesia U-24 vs Uzbekistan di Asian Games 2022

Photo :
  • pssi.org

Usaha Indonesia semakin sulit setelah Hugo Samir diganjar kartu merah. Uzbekistan pun makin leluasa dan mampu mencetak gol kedua pada menit ke-120 melalui Shezod Esanov.

Ini untuk ketiga kalinya berturut-turut alias hattrick Indonesia tidak berhasil menembus perempatfinal. Pada Asian Games 2018 saat menjadi tuan rumah, Indonesia juga terhenti di 16 Besar, karena dikalahkan Uni Emirat Arab 4-3 melalui adu penalti setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Sedangkan pada pelaksanaan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Indonesia juga tidak berhasil melangkah ke perempatfinal, karena ditaklukkan Korea Utara 4-1 di fase yang sama.