Garnacho Belum Lahir, Widodo Cahyono Putro Udah Bikin Gol Salto

Gol salto Widodo Cahyono Putro
Sumber :
  • instagram.com/afcasiancup

Abu Dhabi – Baru-baru ini, pemain muda Manchester United Alejandro Garnacho berhasil mencetak gol salto ke gawang Everton dalam lanjutan Premier League.

Ternyata, sebelum gol tersebut, pemain Timnas Indonesia Widodo Cahyono Putro pernah membuat gol salto. Momen ini terjadi sebelum Garnacho lahir.

Tendangan salto Widodo terjadi pada 4 Desember 1996. Sedangkan Garnacho baru lahir pada 1 Juli 2004.

Akun Instagram @timnas.indonesia mengenang momen sensasional gol Widodo Cahyono Putro di Piala Asia 1996 saat melawan Timnas Kuwait di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"4 Desember 1996, gol salto bersejarah Widodo Cahyono Putro tercipta di Stadion Syekh Zayed, Uni Emirat Arab pada Piala Asia 1996," tulis Instagram @timnas.indonesia.

"Gol yang terjadi berkat umpan Ronny Wabia di menit ke-20 ini, dinobatkan sebagai Gol Terbaik Piala Asia versi voting AFC, sekaligus memberikan poin pertama bagi Timnas Indonesia di ajang Piala Asia dengan menahan imbang Kuwait 2-2," lanjutnya.

Gol Indonesia lainnya dalam laga tersebut dicetak Ronny Wabia di menit 40. Namun, Kuwait menyamakan kedudukan lewat gol Hani Al-Saqer (73') dan Badr Haji Al-Halabeej (84'). 

Sayangnya, Indonesia gagal lolos dari penyisihan grup karena menempati juru kunci grup A. Dalam dua laga selanjutnya, Timnas yang ditukangi Danurwindo takluk 2-4 dari Korea Selatan dan kalah 0-2 dari tuan rumah UEA.