Shin Tae-yong Janji Bakal Lancar Bahasa Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Jakarta – Shin Tae-yong sudah sejak 2019 menjadi pelatih Timnas Indonesia. Hampir lima tahun berjalan, juru taktik asal Korea Selatan itu berjanji akan usaha semaksimal mungkin untuk bisa bahasa Indonesia dengan lancar.

Satu Cara agar Elkan Baggott Dipanggil STY Kembali ke Timnas Indonesia

Janji Shin Tae-yong ini tak lepas dari hampir pastinya dapat perpanjangan kontrak dari PSSI. Dan kontrak baru tersebut akan berlanjut sampai 2027 mendatang.

"Mohon maaf saya tidak lancar bahasa Indonesia. Tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk belajar bahasa Indonesia karena ke depannya akan berada di Indonesia," kata Shin Tae-yong saat ditemui di Jakarta, Selasa 14 Mei 2024.

Keras! Legenda Irak Kritik Jesus Casas usai Kalahkan Timnas Indonesia

Meski sampai sekarang belum bisa lancar berbahasa Indonesia, tapi pelatih berusia 53 tahun itu mendapat bantuan dari penerjemah, yakni Jeong Seok Seo. Lalu ada juga Yoo Jae Hoon yang sudah lama berkarier di sepakbola Indonesia.

Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI
Pemain Irak Aymen Hussein Akui Sengaja Gagalkan Penalti saat Lawan Timnas Indonesia

Tangan dingin Shin Tae-yong mulai terasa dampaknya belakangan ini. Timnas Indonesia terbuka peluangnya untuk lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Di kategori U-23, Garuda Muda membuat kejutan di Piala Asia U-23 2024. Mereka finis sebagai empat besar, dan bisa sampai ke play-off Olimpiade Paris 2024 menghadapi Guinea U-23 sebagai wakil Afrika.

Namun sayang di pertandingan play-off tersebut, Indonesia U-23 menyerah 0-1 dan belum berhasil untuk mewujudkan impian suporter melihat tim mentas di Olimpiade Paris.

Perubahan yang dibawa Shin Tae-yong ini membuatnya banyak mendapat dukungan dari publik. Opini agar PSSI mempertahankannya selalu ramai disuarakan di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya