Menpora Beberkan Gagalnya Kongres PSSI ke DPR

Andi Mallarangeng, Menegpora
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng akan melakukan rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) malam ini, Selasa, 24 Mei 2011.

Agenda pertemuan dengan anggota dewan itu untuk menyampaikan kegagalan Kongres PSSI untuk memilih Ketua PSSI periode 2011-2015. "Nanti yang ikut juga ada dari pihak PSSI, Komite Normalisasi, KONI, dan KOI," kata Andi kepada VIVAnews.com.

Ketua Komite Normalisasi, Agum Gumelar terpaksa menghentikan jalannya Kongres karena suasana tidak kondusif yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Jumat, 20 Mei 2011. Saat itu waktu menunjukan pukul 20.45 WIB.

Saat itu, dihentikannya kongres di Jakarta karena situasinya nyaris serupa dengan Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, Maret lalu, yang berakhir ricuh. Ini bermula ketika para peserta memaksakan untuk menggelar voting.

Beberapa peserta dari Kelompok 78 memaksakan agenda mereka, terutama menggugat Komite Normalisasi agar menghadirkan dan mendengar keputusan Komite Banding Pemilihan. Ini terkait pelarangan calon mereka George Toisutta dan Arifin Panigoro maju sebagai Ketua Umum PSSI.

Suasana Kongres semakin panas karena di antara para peserta juga terjadi beda pendapat, bahkan potensial baku hantam. Atas dasar inilah Agum menghentikan Kongres PSSI.

Agum dan Anggota Komite Asosiasi FIFA, Frank Van Hattum langsung diungsikan oleh petugas keamanan ke luar ruangan Kongres. Sebelumnya, Direktur Keanggotaan dan Pengembangan Asosiasi FIFA, Thierry Regenass juga sudah meninggalkan ruangan Kongres sekitar pukul 20.00 WIB.