Agum: Semoga Kongres Berjalan Kondusif

Kongres PSSI; Agum Gumelar
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sudah resmi dibuka oleh Ketua Komite Normalisasi, Agum Gumelar di The Sunan Hotel, Solo, Sabtu, 9 Juli 2011. Kongres dibuka pukul 10.45 WIB.

Rencananya, kongres itu akan menggelar agenda tunggal, yakni pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif.

Dalam sambutannya, Agum berkali-kali mengingatkan agar kongres ini berjalan dengan baik. "Semoga kondusif," kata Agum singkat.

Ia menegaskan, dalam kongres kali ini akan memilih satu ketua, wakil ketua dan sembilan anggota eksekutif. Karena itu, ia berharap siapa pun yang terpilih nanti bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Bagi yang kalah harus diterima dengan lapang dada. Dan saya juga berpesan kepada anggota exco yang terpilih, kita ini bergerak di bidang olahraga. Jadi harus sportif," ujar Agum.

Di luar kongres

Dari luar kongres, berbagai aksi dukungan terus mengalir dari masyarakat Solo terkait harapannya agar Kongres Luar Biasa PSSI dapat berjalan dengan sukses. Salah satunya dukungan yang disampaikan oleh Paguyuban SMS (Seneng Melu Sepur).

Sejak pagi mereka menggelar aksi di depan The Sunan Hotel, Solo di mana Kongres berlangsung. Dalam aksinya, mereka membawa 6 ekor tikus putih dan seekor monyet sebagai simbol sifat serakah dan rakus.

"Harapan kami kongres dapat berjalan lancar dan semua pihak dapat lebih mementingkan kepentingan nasional. Tidak seperti monyet dan tikus yang lebih mementingkan dirinya sendiri," ujar koordinator aksi, Ami Fawaz.

Ami pun menegaskan masyarakat Solo tidak akan mentolerir jika ada pihak-pihak tertentu kembali melakukan kericuhan sehingga menyebabkan Kongres Luar Biasa gagal terlaksana. "Kisruh, cemplungke Bengawan (Kalau kisruh, ceburkan saja ke sungai Bengawan)," tegas Ami.

Sementara itu, lokasi sekitar Hotel Sunan masih mendapat penjagaan ketat dari ratusan personel Brimob bersenjata lengkap. Mereka tampak melakukan penjagaan ketat di gerbang hotel.

Jalan Ahmad Yani yang merupakan akses masuk ke hotel Sunan pun hingga siang ini masih disterilkan. Seluruh kendaraan yang hendak melintas dialihkan ke jalur lain.