15 Oktober, Kick Off Liga Super 2011/12

Kiper Arema Indonesia Kurnia Mega Bersitegang dengan Greg Nwokolo
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Setelah beberapa kali mengalami perubahan, PSSI akhirnya menetapkan jadwal kick off Liga Super 2011-12, Sabtu, 15 Oktober 2011. Keputusan ini telah mendapat persetujuan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

PSSI melalui rilisnya kepada wartawan, Rabu, 29 September 2011, menjelaskan bahwa perubahan terpaksa dilakukan karena jadwal kick off sebelumnya berdekatan dengan pertandingan Indonesia lawan Qatar, 11 Oktober 2011. PSSI juga menyatakan kalau perubahan ini sudah disetujui AFC.

Sebelumnya, jadwal kick off Liga Super 2011-12 sudah beberapa kali mengalami perubahan. PSSI awalnya menjadwalkan laga pembuka pada 8 Oktober sebelum akhirnya mundur menjadi 9 Oktober. Namun, lewat rapat komite Exco PSSI, keputusan kembali berubah menjadi 14 Oktober 2011.

Liga Super level tertinggi musim ini akan diikuti oleh 24 tim. Masing-masing berasal dari tim yang berlaga di Liga Super Indonesia (ISL) musim lalu (14 tim), tim promosi (4 tim), dan tim yang ditunjuk langsung oleh PSSI (6 tim).

Keputusan ini masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan klub dan anggota Exco PSSI. Beberapa di antaranya menuding PSSI telah melanggar statuta PSSI dalam menetapkan jumlah peserta Liga Super musim ini.

PSSI membantah tudingan tersebut. PSSI yakin kebijakan yang diterbitkan sudah berjalan di trek yang benar. "Kebijakan ini sama sekali tidak melanggar Statuta PSSI, karena pada Pasal 37 sudah dijelaskan, waktu pelaksanaan dan jumlah tim kompetisi level atas ditentukan rapat Exco," tulis PSSI dalam rilisnya kepada wartawan.

PSSI menjelaskan bahwa awalnya tim-tim yang ingin berlaga di level teratas kompetisi nasional berjumlah 36. Namun, karena terbentur keputusan Kongres di Bali yang mengharuskan kompetisi level tertinggi digelar satu wilayah, maka PSSI pun menguranginya menjadi 24 tim.

Laporan: Ali Usman | VIVAnews