QNB League Berhenti, Ini Jurus Persib Jaga Sponsor Tak Kabur

Pemain Persib Bandung di Liga Champions Asia 2015
Sumber :

VIVA.co.id - Persib Bandung menyiapkan jurus jitu untuk menyiasai terhentinya kompetisi liga Indonesia musim ini. Agar pihak sponsor tidak kabur, Maung Bandung, berniat menggelar pertandingan persahabatan.

Uji coba tak hanya digelar di dalam negeri, tapi Maung Bandung juga menyasar laga persahabatan di luar negeri. Menurut Direktur Marketing dan Promosi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Muhammad Farhan, kegiatan ini bisa menjadi solusi di tengah kekhawatiran bakal larinya sponsor, karena kisruh yang melanda sepak bola Indonesia belakangan ini.

"Pertandingan uji coba ini bisa menjadi jalan, entah seperti apa bentuknya apakah uji coba biasa atau turnamen. Yang jelas ini salah satu usaha yang akan kami lakukan agar sponsor puas," ungkap Farhan, Senin 4 Mei 2015.

"Rencana ini kami gulirkan setelah dilakukan pertemuan dengan sponsor menyikapi situasi dan perkembangan yang saat ini terjadi di sepak bola Indonesia. Sponsor meminta kami untuk kreatif. Ini bukan sekadar urusannya dengan Persib. Lebih ke soal menjaga kepercayaan sponsor kepada industri sepak bola di Indonesia," tuturnya.

Untuk bisa melaksanakannya, kata Farhan, tentu saja diperlukan dukungan semua pihak dalam menjalankannya. Tak terkecuali Kemenpora yang selama ini menerbitkan surat kepada Mabes Polri untuk tidak memberikan izin pelaksanaan pertandingan kompetisi sepak bola Indonesia. Akibatnya, jadwal pertandingan QNB League dan Divisi Utama gagal dilaksanakan.

"Pertandingan uji coba ini bisa saja melibatkan seluruh klub di Indonesia dan ini akan kami usulkan kepada Kemenpora," katanya.

Farhan menambahkan, sejauh ini belum ada sponsor Persib yang komplain atas kondisi saat ini. Namun, apa yang terjadi sekarang mau tidak mau membuat Maung Bandung memang dituntut harus pintar-pintar mencari cara agar hubungan dengan sponsor terjalin dengan baik. Khususnya barisan sponsor yang menjalin kerja sama khusus di kompetisi domestik.

Persib sebenarnya masih memiliki agenda AFC Cup. Namun, seperti diketahui, hanya beberapa sponsor yang brand-nya bisa dipasang di jersey Persib ketika tampil di ajang antarklub Asia, karena aturan ketat yang diterapkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Total musim ini, Persib menggandeng sebanyak 16 sponsor atau brand product. Meski aliran dana sponsor belum sepenuhnya diterima, diestimasi nilai kesepakatan dengan sponsor sudah mampu menutupi 80 persen dari total kebutuhan Persib sepanjang musim ini. (art)