Keinginan The Jakmania di Final Piala Presiden

demo jakmania di pssi
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Final Piala Presiden yang mempertemukan Persib Bandung dengan Sriwijaya FC akan digelar Minggu, 18 Oktober 2015.

Final akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Tidak menutup kemungkinan terjadi bentrok antar suporter.

Bukan bentrok antara dua pendukung tim yang akan bertanding, melainkan dengan pendukung fanatik Persija Jakarta, The Jakmania. Pasalnya, SUGBK merupakan kandang dari Persija Jakarta. Selama ini, pendukung Persija dengan pendukung Persib, Bobotoh, tidak berjalan harmonis.

Oleh karena itu, jajaran Polres Metro Jakarta Pusat memanggil pentolan The Jakmania untuk membahas langkah bersama agar tidak ada kerusuhan saat pertandingan.

Pertemuan antara pihak The Jakmania dengan Polres Metro Jakarta Pusat tersebut dilakukan di Mapolres Metro Jakarta Pusat.

Pertemuan dihadiri Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris besar polisi Hendro Pandowo. Sementara dari pihak Jakmania dihadiri oleh Koordinator Wilayah Jakarta Pusat, Ricko dan Pamungkas, serta 13 orang anggota lainnya.

Pertemuan tersebut berlangsung selama satu setengah jam. Dari hasil pertemuan tersebut, The Jakmania Korwil Jakarta Pusat berjanji kooperatif dan tidak akan mengganggu jalannya pertandingan.

"Mereka sebenarnya menginginkan pertandingan digelar di luar Jakarta, atau tanpa suporter jika pertandingan dilaksanakan di Jakarta," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubbag) Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno, melalu keterangannya, Selasa, 13 Oktober 2015.

Suyatno mengatakan, sebetulnya The Jakmania tidak keberatan Viking membawa suporter, namun katanya harus dilokalisir pada satu titik. The Jakmania juga mengatakan tidak berencana menggerakkan anggotanya untuk menggagalkan atau mengahadang pertandingan tersebut, apalagi melempari suporter Persib.

"Namun mereka khawatir ada massa The Jakmania yang tidak dapat dikendalikan atau bergerak sendiri," ujar Suyatno.

Namun, lanjut Suyatno, para The Jakmania Korwil Jakarta Pusat siap menjaga keamanan pada pelaksanaan final Piala Presiden. Malah, diketahui, mereka juga akan membantu Polres Metro Jakarta Pusat guna menjaga ketertiban menjelang hingga pasca pertandingan.

Menurut jadwal, final Piala Presiden akan dilangsungkan pada 18 Oktober 2015. Persih Bandung berhasil melaju ke final usai mengalahkan Mitra Kukar. Sementara Sriwijaya FC berhasil mengalahkan Arema Indonesia di semifinal. (ase)