Persib Waspadai Duel Kontra PBR 'Disusupi' The Jak

Pertandingan antara Persib dan Pelita Bandung Raya.
Sumber :
  • ANTARA/ Fahrul Jayadiputra
VIVA.co.id
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak
- Duel persahabatan Persib Bandung kontra Persipasi Bandung Raya (PBR) di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Sabtu 16 Januari 2016, bukan tanpa kekhawatiran. Faktor belum menyeluruhnya perdamaian antara suporter Persib dan Persija Jakarta, menjadi alasannya.


Laga yang rencananya digelar malam hari itu, bukan sekadar untuk menjaga kondisi masing-masing tim di tengah kekosongan agenda kompetisi. Partai ini juga punya tujuan lain, yakni menguji fasilitas Stadion Wibawa Mukti, yang bakal menjadi salah satu
Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong
venue dalam pelaksanaan PON XIX/2016, termasuk kualifikasi cabor sepak bola, Maret mendatang.


Menurut pentolan kelompok suporter Viking Persib Club, Yana Umar, Bekasi, selama ini bisa dikatakan salah satu basis suporter Persib. Namun, di sisi lain, suporter Persija pun cukup banyak di kota yang berbatasan dengan Kabupaten Karawang dan Jakarta ini.


"Yang perlu dipikirkan dengan matang, tentu saja adalah soal keamanan di sana. Karena, Bekasi itu kan cukup dekat dengan Jakarta. Di sana, juga bisa dikatakan jadi tempat suporter Persija," terang Yana.


Masalah keamanan laga Persib kontra PBR ini, memang selama ini seolah agak terlupakan. Padahal, jika melihat beberapa faktor, laga ini bisa dikatakan cukup berisiko dari segi keamanan dan menuntut kerja keras dari aparat yang nanti diterjunkan, baik Polri, TNI maupun dari pihak panitia penyelenggara.


Yana cukup mendukung adanya upaya koordinasi terkait soal keamanan ini. Meski, jika melihat lokasi tempat pertandingan yang tak jauh dari pintu masuk tol, memungkinkan kemananan dan panpel melakukan proses pengarahan yang maksimal, terutama saat menggiring Bobotoh yang datang langsung ke stadion.


Rencananya, pihak Panpel Persib kontra PBR akan melakukan koordinasi dengan Kepolisian, Kamis 14 Januari 2016. "Nanti akan ada rapat koordinasi soal keamanan, bisa dikatakan perlu penjagaan ketat. Rencananya, ada sekitar 990 personel keamanan yang akan dilibatkan. Mudah-mudahan saja pelaksanaannya berjalan lancar," papar Ketua Panpel, Jafar Sidik.


Laga uji coba Persib kontra PBR sebelumnya dijadwalkan akan digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Namun, karena belum siap, Panpel kemudian memindahkannya ke Stadion Wibawa Mukti. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya