Tottenham Bidik Gareth Southgate Gantikan Pochettino

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (jas biru)
Sumber :
  • FA.com

VIVA – Tottenham Hotspur dilaporkan memproyeksikan figur Gareth Southgate sebagai pilihan terdepan pengganti Mauricio Pochettino. Hal ini diusung Spurs, guna mengantisipasi rencana kepergian Pochettino pada akhir musim ini.

Belakangan ini, rumor yang berkembang menyebutkan Pochettino tengah masuk dalam radar incaran Real Madrid pada akhir musim ini. Meski demikian, semua rencana tersebut akan kembali melihat lagi pencapaian El Real bersama Zinedine Zidane saat ini.

Pochettino pun sering kali disebut-sebut sudah cukup “mentok” pencapaiannya bersama Spurs dalam lima musim terakhir. Meski berhasil membawa The Lilywhites ke jajaran elite Inggris dan Eropa, namun eks penggawa timnas Argentina itu masih belum berhasil mempersembahkan trofi bergengsi bagi Tottenham.

Dilansir Daily Star, Spurs kini tengah mempertimbangkan nama Gareth Southgate sebagai nahkoda Harry Kane cs selanjutnya. Hal ini, juga mempertimbangkan pengalaman Southgate yang dikenal cukup sukses memoles para pemain muda Inggris.

Southgate telah memimpin skuat Three Lions sejak September 2016 lalu, dan memenangkan 21 dari 37 pertandingan dan menghadirkan kiprah timnas Inggris yang mengesankan pada Piala Dunia 2018 lalu.

Manajer 49 tahun itu membawa timnas Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018. Namun, ada keraguan, apakah ia akan tetap mengemban perannya saat ini, setelah Piala Eropa 2020 mendatang.

Sebagai catatan, satu-satunya pengalaman manajerial Southgate di level klub adalah saat ia membesut Middlesbrough antara tahun 2006 hingga 2009 silam. (asp)