Dalglish: Suarez Pantas Kami Dukung

Patrice Evra (biru) dengan Luis Suarez
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAnews - Berbagai kritikan terus mengarah kepada bintang Liverpool, Luis Suarez, lantaran tindakan rasis yang dilakukannya terhadap bek Manchester United, Patrice Evra. Meski demikian, rekan-rekan tim dan pelatih The Reds, Kenny Dalglish tetap mendukung striker asal Uruguay itu.

Suarez terbukti melontarkan kata-kata bernada rasis pada Evra, saat Liverpool dan MU bertemu di laga Premier League. Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris memutuskan, Suarez diganjar sanksi larangan tampil sepanjang delapan laga serta denda senilai 40 ribu pounds.

Dukungan diberikan para punggawa Liverpool, dengan menggunakan kaus bergambar Suarez di bagian depan dan nama plus nomor punggung di bagian belakang. Armada Anfield mengenakannya saat latihan jelang melawan Wigan Athletic, pada tengah pekan lalu.

Banyak pihak yang menghujat aksi tersebut karena memberi kesan, Liverpool mendukung tindakan rasis. Namun bagi Dalglish, dukungan itu pantas didapat Suarez.

“Klub mengeluarkan pernyataan yang tidak menyebabkan masalah apapun bagi orang lain. Saya juga tidak merasa para pemain menyebabkan masalah bagi FA,” ujar pelatih asal Skotlandia itu seperti dikutip dari Daily Star, Sabtu 24 Desember 2011.

“Mereka mengeluarkan pernyataan atau dukungan lewat kaus. Dukungan itu memang pantas diterima Suarez. Jika kami tidak dalam masalah, kami akan membiarkannya sebelum terlibat masalah apapun,” tegasnya.

Saat ini, Liverpool masih menunggu vonis FA tertulis secara lengkap. FA memberi tenggat waktu 14 hari untuk The Kop mengajukan banding.