Eks Pelatih Kiper MU: De Gea Seorang Pemalas

David De Gea
Sumber :
  • DAYLIFE
VIVAbola - Mantan pelatih kiper Manchester United, Eric Steele mengungkapkan David De Gea harus melakukan perubahan total hingga akhirnya bisa bertahan di Old Trafford. Sebab saat baru datang, De Gea adalah sosok pemalas dan berprilaku buruk.

Kiper berusia 22 tahun ini bergabung ke MU di musim panas 2011 dari Atletico Madrid dengan harga 17,8 juta poundsterling. MU kepincut dengan aksi gemilang De Gea bersama di bawah mistar gawang Atletico dan timnas Spanyol U-21

Tapi enam bulan pertama di MU menjadi masa sulit bagi De Gea yang harus beradaptasi dengan berbagai kebijakan di MU. Tak heran jika De Gea yang diproyeksikan menjadi suksesor Edwin van Der Sar sempat menjadi penghangat bangku cadangan MU.


"Enam bulan pertama yang menghebohkan. Pernah saat dia akan menyelesaikan sesi latihan dan akan pulang, saya memintanya untuk kembali berlatih pada sore hari. Dan dia berkata, 'Kenapa begitu?'" kata Steele kepada United We Stand Fanzine.


"Dia juga selalu tertidur dua hingga tiga kali dalam sehari. Dia sering makan larut malam. Saat kami memintanya untuk lebih lama berlatih fisik di gym, dia membencinya. Dia mengatakan di Spanyol mereka tidak di gym sebanyak di sini."


Bahkan untuk mempermudah komunikasi dengan De Gea, Steele harus belajar bahasa Spanyol yang merupakan bahasa asal De Gea. Pasalnya De Gea malas dan tidak memiliki gairah untuk belajar bahasa Inggris yang merupakan bahasa utama di MU.


"Kami (pelatih dan pemain) harus bisa berkomunikasi langsung satu sama lain. Meski itu hanya istilah dasar. Dan dia malas untuk belajar bahasa Inggris, jadi saya terpaksa yang belajar bahasa Spanyol."


Tapi itu semua adalah masa lalu. De Gea lamban laun mulai beradaptasi dengan kerasnya persaingan di skuad MU. Dan dia kini menjadi pilihan pertama David Moyes di bawah mistar gawang Setan Merah musim ini.