On This Day: Juventus Sikat Habis Inter Milan 9-1

Juventus menghajar Inter Milan 9-1 pada 10 Juni 1961.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Dendam, kontroversi, dan juga gengsi adalah kata-kata yang bisa menggambarkan betapa panasnya duel Derby d'Italia. Duel Juventus kontra Inter Milan memang bukan duel biasa. Kedua tim ini terus membuktikan diri untuk menjadi yang terbaik.

Dilansir The Guardian, salah satu kontroversi terjadi di Serie A musim 1960/61. Inter yang hanya berjarak empat poin dengan Juve bertandang ke Delle Alpi, Turin.

Namun ternyata pertandingan tidak berjalan lancar. Sekitar 5.000 fans Juventus keluar dari tribun dan menyaksikan pertandingan di pinggir lapangan. Wasit akhirnya memutuskan laga dihentikan.

Berdasarkan peraturan, Inter dianugerahi kemenangan 2-0. Namun Juventus mengajukan banding ke Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dan meminta pertandingan diulang. FIGC pun menerima banding La Vecchia Signora.

Presiden Inter, Angelo Moratti sangat kecewa dengan keputusan ini.  Dia menuduh keluarga Agnelli dalam keputusan ini. Sebab Presiden FIGC adalah Umberto Agnelli.

Sebagai bentuk protes, Inter menurunkan pemain dari tim akademi dalam laga ulangan yang berlangsung pada 10 Juni 1961.

Hasilnya bisa ditebak. Tim Primavera Inter menjadi bulan-bulanan Juventus. La Beneamata tumbang 1-9. Ini menjadi kemenangan terbesar Juve atas Inter sepanjang sejarah. Omar Sivori mencetak enam gol dalam laga itu dan juga merebut Ballon d'Or 1961.

Juve akhirnya sukses merebut Scudetto 1960/61 dengan 49 poin dari 34 laga. Sedangkan Inter harus melorot ke posisi ketiga dengan 44 poin. AC Milan finis di bawah Juve dengan 45 poin.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.