Guardiola: Mourinho Pelatih Terbaik di Dunia

Jose Mourinho (kanan) & Pep Guardiola
Sumber :
  • Zimbio

VIVAnews - Pelatih Barcelona, Pep Guardiola mulai mengakui kapasitas Jose Mourinho. Pep menyebut rivalnya di Real Madrid itu sebagai pelatih terbaik di dunia.

Guardiola menangani klub Catalan itu sejak 2008. Pelatih 40 tahun ini meraih 12 gelar sehingga menjadi pelatih tersukses dalam sejarah El Barca.

Meski mengecap sukses sebagai gelandang era 1990an, Guardiola menegaskan karier saat menjadi pemain tak lantas membuatnya sukses sebagai pelatih. Ia mencontohkan pelatih yang berada di bangku cadangan Santiago Bernabeu yakni Mourinho.

"Tak penting apakah pelatih sukses itu dulunya juga pemain sukses," kata Guardiola seperti dilansir AS. "Arrigo Sacchi mengubah sepakbola, tapi ia tak pernah bermain. Lalu, Jose Mourinho kini menjadi pelatih terbaik di dunia."

"Pernah berada di kamar ganti memang menguntungkan. Tapi, itu belum pasti memberikan keuntungan saat menjadi pelatih. Saat jadi pemain, saya tak punya bakat khusus. Tapi, saya sukses karena punya fisik kuat."

Guardiola menyebut dalam berbagai kesempatan akan mengakhiri karir di Camp Nou. Dan ia menegaskan lebih baik pensiun saat berada di puncak.

"Saat jadi pemain, saya pensiun karena menyadari tak bisa memberikan sesuatu lagi," lanjut Pep. "Saat dimana saya merasa lelah. Dan pelatih juga bisa mengalami hal itu."

"Saya tahu suatu saat akan lelah dan harus berhenti. Saya berharap saat itu segera datang, daripada saya dipecat karena kalah."

"Kini, saya masih bisa memilih. Tapi, itu takkan terjadi selamanya. Pelatih yang kalah nanti akan dipecat," tutur Guardiola. (eh)