Guardiola Mundur, Ini Tanggapan Mourinho

Pep Guardiola dan Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVAbola - Entrenador Real Madrid, Jose Mourinho, memberikan ucapan semoga sukses untuk rivalnya, Josep Guardiola, yang memutuskan mundur dari posisi pelatih Barcelona akhir musim ini.

Jumat pekan lalu, Guardiola mengeluarkan pernyataan mengejutkan untuk mengakhiri empat tahun kepemimpinannya di Camp Nou akhir musim ini. Pep beralasan tertekan secara fisik dan mental. Posisi peracik strategi pun diserahkan pada asistennya, Tito Vilanova, musim depan.

"Saya tidak bisa berkomentar menyangkut Guardiola. Itu adalah keputusannya. Saat kita dipecat, kami pantas memberikan sikap solidaritas dan kritik akan mendatangi klub. Tapi, kasus Guardiola sama sekali berbeda," ucap Mourinho pada jumpa pers jelang lawan Athletic Bilbao, seperti dilansir Marca.

"Itu keputusan personal, dia tahu itu dan sangat senang dengan keputusannya. Saya telah melatih selama 12 tahun, dan saya akan merasa bosan pada bulan Juni saat tidak ada pertandingan atau sesi latihan. Tapi, orang berbeda-beda, Anda harus menerima itu."

"Saya harap Guardiola menikmati waktu kosongnya dan saya mengirimkan peluk sebesar-besarnya dari sini," sambung pelatih berjuluk The Special One itu.

Ditanya soal keputusan meletakkan Tito Vilanova di kursi pelatih Barcelona musim depan, Mou menegaskan urusan tim lain bukan prioritas utamanya.

"Real Madrid adalah Real Madrid. Mereka (Barcelona) membuat keputusan sendiri. Keputusan saya untuk meneruskan karir di sini tidak ada hubungannya dengan pelatih dari klub lain. Real terus melangkah begitu juga Barcelona. Saya tidak percaya Barca tidak punya orang yang memiliki kapasitas (dalam penunjukan pelatih)," tambah Mou.

"Jika mereka putuskan Vilanova sebagai pelatih berikut, saya yakin mereka sudah yakin dengan keputusan itu. Dari sudut pandang kami, kami akan terus menghormati mereka pada musim berikutnya."

"Mereka masih akan jadi rival utama kami di Spanyol meski saat ini kondisi terus membaik. Kami tidak bisa mengucapkan semoga sukses untuk mereka karena mereka rival terdekat. Tapi, bagi kami tidak ada yang benar-benar berubah," tutur Mourinho.

Mourinho sebelumnya melakukan aksi tutup mulut kepada media sampai akhir musim. Namun, secara tiba-tiba pelatih asal Portugal itu hadir dalam jumpa pers pre-match melawan Athletic Bilbao. Menurut juru bicara tim, sikap itu diambil dalam memperingati hari buruh yang jatuh Selasa 1 Mei 2012 kemarin.