10 Provider Telepon Luncurkan SMS Pemilu

Sumber :

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum menggandeng sepuluh provider seluler membantu sosialisasi pemilu. Mereka membantu dengan mengirim pesan pendek ke calon pemilih.

"Jumlah yang bisa dijangkau sekitar 155 juta atau 70-an persen dari total pemilih," kata Ketua Komisi Abdul Hafiz Anshary saat jumpa pers "Peluncuran Layanan SMS Sosialisasi Pemilu 2009" di Kantor Komisi, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat, 20 Maret 2009.

Menurut Hafiz, isi pesan pendek itu ada tiga versi, yakni, "Sukses Pemilu 2009 adalah sukses bangsa. Mari sukseskan pesta demokrasi 9 April 2009", "Tandai pilihanmu dengan centang (V) satu kali di kolom parpol/nomor urut calon/nama calon untuk memilih Anggota DPR & DPRD serta kolom foto untuk anggota DPD" dan "Ingat 9 April 2009, bagi yang telah terdaftar di DPT silahkan datang ke TPS dan berikan suara anda dengan tanda centang (V) di surat suara".

Pengiriman pesan pendek itu bertahap. Versi pertama dikirim tanggal 20-22 Maret 2009. Versi kedua 23 Maret hingga 4 April 2009. Versi ketiga 6-8 April 2009. "Pengiriman bertahap untuk tetap menjaga kualitas layanan telekomunikasi," katanya.

Pembiayaan layanan itu oleh sepuluh provider seluler, yakni PT Telkom, PT Indosat, PT Telkomsel, PT Excelcomindo Pratama, PT Bakrie Telecom, PT Mobil-8, PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, PT Hutchison CP Telecommunication, PT Natrindo Telepon Seluler dan PT Smart Telcom.

Hadir dalam peluncuran itu para pejabat Depkominfo. Menurut Kepala Pusat Informasi dan HUmas Depkominfo, Gatot S Dewabrata, partisipasi provider seluler itu merupakan tindak lanjut nota kesepahaman KPU dan Kominfo. "Kominfo mendorong para penyelenggara telekomunikasi untuk turut serta sosialisasi pemilu," katanya.