Cara Ampuh Membawa Dongeng ke Era Digital

YouTube Bersama Ayo Dongeng Indonesia
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Indonesia dengan begitu banyak peninggalan cerita rakyat, legenda dan dongeng mulai dari Sabang hingga Merauke menyimpan kisah-kisah kearifan lokal yang mencerminkan nilai kebaikan. Dengan banyaknya orang tua, guru dan pengajar yang secara aktif mencari serta menonton konten untuk anak-anak di YouTube, hal ini menjadi dasar lahirnya inisiasi untuk membawa lebih banyak lagi cerita rakyat dan dongeng Indonesia yang lekat dengan sejarah serta kebudayaan.

Atas dasar tersebut, hari ini di dalam acara bertajuk #DongengYuk, YouTube bekerja sama dengan Ayo Dongeng Indonesia yang membantu untuk mengkurasi dongeng serta cerita rakyat dari 34 provinsi Indonesia untuk diperkenalkan lagi kepada generasi muda, sebagai usaha untuk melestarikan warisan kebudayaan indonesia dengan mendigitalisasi kisah-kisah khas Indonesia melalui platform YouTube.

"Direktorat Jenderal Kebudayaan menyambut baik upaya digitalisasi warisan cerita rakyat dan dongeng Indonesia yang dilakukan melalui inisiatif #DongengYuk dimana YouTube bekerjasama dengan Ayo Dongeng Indonesia, usaha semacam ini perlu dikembangkan lebih jauh ke depan sehingga kekayaan dongeng dan cerita rakyat dari 34 provinsi yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia dapat merasuk ke dalam alam imajinasi generasi muda," ujar Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI.

Shinto Nugroho selaku Head of Public Policy Google Indonesia mengatakan dongeng yang ditonton nanti bisa memberikan edukasi bagi anak-anak.

“Ada begitu banyak nilai-nilai kebaikan yang dapat dipetik dari cerita rakyat serta dongeng Indonesia - dan #DongengYuk adalah usaha kami untuk membuat cerita-cerita khas Indonesia ini dapat diakses oleh siapa saja, melestarikannya secara digital untuk kepentingan edukasi dan menginspirasi generasi mendatang,” tambah Shinto Nugroho, Head of Public Policy Google Indonesia.

Sementara itu, Ario Zidni selaku Founder Ayo Dongeng Indonesia mengatakan banyak cerita dongeng dari setiap provinsi yang digali.

“Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari #DongengYuk. Indonesia adalah negara penuh cerita. Setiap provinsi memiliki ceritanya masing-masing. Cerita rakyat seperti Bawang Merah dan Bawang Putih serta Timun Mas adalah kenangan penting dari masa kecil kita dan kini semuanya telah tersedia online. Semoga anak-anak Indonesia akan mengalami lebih dari indahnya dunia cerita lewat #DongengYuk” kata Ario Zidni, Founder Ayo Dongeng Indonesia.

Najwa Shihab sendiri dongeng ampuh memberikan kenangan dan pengalamn sendiri bagi anak-anak.

“Kegiatan mendongeng atau membacakan cerita rakyat kepada anak sebelum tidur merupakan kebiasaan yang  sudah dilakukan dari generasi ke generasi. Saya senang dapat berpartisipasi dalam #DongengYuk, karena ini merupakan salah satu kontribusi dalam melestarikan kebudayaan bangsa lewat cerita-cerita khas asli Indonesia melalui platform digital,” ujar Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia.