Semester 1 2018, Trafik Data XL Diklaim Naik 76 Persen

Direktur Utama PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini (tengah).
Sumber :
  • XL Media Room

VIVA – Penetrasi ponsel pintar atau smartphone pada pelanggan PT XL Axiata Tbk meningkat 10 poin persentase menjadi 77 persen di semester I 2018 dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Artinya, saat ini XL Axiata memiliki 40,8 juta pelanggan yang menggunakan smartphone, atau meningkat 21 persen yoy dari periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini, mengatakan terus bertambahnya pelanggan dengan smartphone mendorong peningkatan pada total trafik di jaringan XL Axiata sebesar 76 persen yoy pada semester pertama tahun ini.

"Pencapaian ini terutama didorong oleh kenaikan trafik data. Sementara di periode yang sama trafik layanan tradisional (voice dan SMS) terus menurun. Mayoritas trafik data kami sekarang melalui penggunaan layanan 4G," kata Dian di Jakarta, Selasa, 31 Juli 2018.

Mengenai kinerja jaringan, ia menuturkan, investasi pada pembangunan jaringan data berkualitas yang XL Axiata lakukan secara masif telah mampu meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman yang baik pada penggunaan layanan oleh pelanggan.

Jaringan 4G LTE milik XL Axiata sekarang telah mencakup 380 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi Indonesia, didukung hampir 25 ribu BTS 4G dan lebih dari 49 ribu BTS 3G.

"Jadi, total jumlah BTS milik XL Axiata, termasuk 2G, lebih dari 111 ribu BTS," paparnya. Ia menegaskan bahwa keberhasilan kali ini tidak terlepas dari keberhasilan implementasi strategi transformasi yang telah dilaksanakan secara disiplin.

Strategi transformasi yang diimplementasikan sejak 2015 telah membantu membangun fondasi bisnis yang lebih kuat, tercermin dari pencapaian kinerja positif pada tengah tahun ini.

"Kami tetap fokus pada layanan Data melalui strategi dual brand, yang mana merek XL dan AXIS mampu memenuhi ekspektasi segmen pasarnya masing-masing melalui penawaran produk Data yang inovatif dan menarik," jelas Dian.