Xiaomi 'Jajah' Negara Asal Nokia

Xiaomi Kembangkan Perusahaan R&D di Finlandia. (FOTO: Vicky Fadil).
Sumber :
  • wartaekonomi

Xiaomi baru-baru ini mendaftarkan perusahaan penelitian dan pengembangan (R&D) di kampung halaman Nokia, Finlandia.

Perusahaan ini secara resmi terdaftar sebagai Xiaomi Finland Oy dan akan fokus pada pengembangan teknologi kamera seperti yang dilaporkan oleh SuomiMobile.

R&D perangkat lunak, sistem TI, dan peralatan telekomunikasi akan menjadi titik fokus lain untuk Departemen Xiaomi Finlandia.

David Arthur Felix yang merupakan CEO Xiaomi Finlandia telah ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana perusahaan baru tersebut.

Dua tahun lalu, Nokia dan Xiaomi menandatangani perjanjian kolaborasi yang berpusat di sekitar paten perizinan antara kedua perusahaan.

Nokia setuju untuk menyediakan peralatan infrastruktur jaringan kepada mitra China mereka dan memberikan akses ke portofolio yang kaya paten.

Ekspansi baru oleh perusahaan China ini mungkin merupakan hasil dari kemitraan itu setidaknya sampai batas tertentu.

Sebelumnya, Google telah mengumumkan rencananya untuk merilis sistem operasi terbaru besutannya, yakni Android Q.

Rencananya, sistem operasi ini akan dirilis pada Agustus atau September 2019. Seperti biasa, Google pun membuka akses beta untuk Android Q untuk smartphone Pixel.

Selain smartphone Pixel dari Google, sejumlah vendor smartphone seperti HMD Global (pemilik merek Nokia) dan Xiaomi juga turut membuka program beta Android Q.

Keduanya juga sudah memastikan daftar smartphone yang dapat menjajal Android Q dalam versi beta. Untuk HMD Global, perusahaan menyebut bahwa perangkat pertama Nokia yang dapat merasakan Android Q adalah Nokia 8.1.

Pengguna Nokia 8.1 dapat mencobanya melalui program developer preview. Sementara Xiaomi memastikan ada dua model smartphone yang bisa lebih dulu mencoba Android Q versi beta. Smartphone tersebut adalah Mi 9 dan Mi MIX 5G.

Keputusan Xiaomi untuk memasukkan daftar Mi MIX 5G membuat perangkat tersebut smartphone 5G pertama yang mendukung Android Q beta. Sama seperti Nokia, pengguna yang tertarik dapat mendaftar ke laman program beta Xiaomi.