Live Caption Android Akan Hadir, Bisa Transkrip Panggilan Telepon

Live Caption Android.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Live Caption di Android nampaknya akan segera hadir dengan fungsi yang lebih luas. Menurut informasi yang berkembang fitur transkrip itu juga akan berfungsi untuk panggilan telepon.

Fitur ini sebelumnya diumumkan pada gelaran Google I/O 2019. Live Caption menggunakan pengenalan suara Google untuk memberikan teks pada seluruh konten dengan suara.

Namun, saat itu Live Caption tidak mendukung untuk panggilan teleon dan chat video walaupun sudah ditanamkan di sejumlah ponsel seperti Pixel, OnePlus dan smartphone dari Samsung.

Kode pada Pratinjau Pengembang untuk Pixel 4 dari XDA Developer menemukan kemampuan Live Caption akan dikembangkan lebih jauh lagi oleh Google, dikutip dari situs Digital Trends, Senin, 27 April 2020.

Informasi itu mengungkapkan string pada aktivasi Live Caption lewat panggilan telepon. Saat fitur diaktifkan akan ada pemberitahuan pada semua orang yang melakukan panggilan jika percakapannya sedang ditranskrip.

"Hai, orang yang akan berbicara dengan Anda memiliki caption panggilan yang diaktifkan. Mereka akan melihat keterangan dari apa saja yang Anda untuk membantu mereka saat mendengarkan," kata file audio pemberitahuan tersebut.

Penemuan ini kemungkinan akan hadir untuk ponsel di Android 11. Kabarnya pembaruan baru dirilis sekitar kuartal ketiga tahun ini, namun bisa juga Google menarik fitur dari perilisan publik dan meluncurkannya untuk pembaruan di masa depan.

Untuk mengaktifkan Live Caption pada ponsel dengan fitur ini, caranya buka konten yang ingin ditranskrip. Lalu tekanan tombol volume naik atau turun dan ikon akan muncul dibawah kontrol volume.

Selain itu bisa diaktifkan melalui menu suara di pengaturan dan menyalakan opsi Live Caption di Google. Fitur ini tidak memerlukan koneksi internet karena diproses di dalam smartphone.