Cara Video Call Whatsapp di Laptop Window dan MacOS

WhatsApp.
Sumber :
  • Techjaja

VIVA – Kabar gembira bagi para pengguna whatsapp, Whatsapp baru saja meliris fitur panggilan telepon suara (voice call) dan panggilan video suara (video call) melalui perangkat laptop/desktop, bagi para pengguna laptop/desktop fiture ini sangat memudahkan dan membantu untuk berkomunikasi lewat Whatsapp desktop (Windows dan Mac).

Whatsapp versi desktop ini mulai diresmikan pada tanggal 4 Februari 2021 sudah dapat digunakan oleh user whatsapp desktop di Indonesia, baik pengguna Windows maupun pengguna MacOS.

Photo :
  • U-Report

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur baru dari Whatsapp ini?

Sebelum melakukan video Whatsapp melalui desktop ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, agar bisa menggunakan fitur baru Whatsapp ini, nah, Kami akan menjelaskan cara menginstall dan menggunakan video call Whatsapp di laptop atau desktop, berikut adalah langkah-langkahnya :

•    Download aplikasi Whatsapp desktop untuk Windows atau MacOS
•    Jika sudah terinstall kemudian buka dan jalakan apalikasi Whatsapp tersebut, kamu akan diminta memindai kode QR untuk masuk ke aplikasi Whatsapp desktop 
•    Pilih kontak Teman, Sahabat, atau Pasangan untuk memulai voice call atau video call
•    Kemudia pilih ikon “gagang telpon” untuk melakukan voice call
•    Dan pilih ikon “perkam video” untuk melakukan video call

Itulah langkah-langkah mudah menggunakan fitur voice call dan video call melalui Whatsapp desktop, perlu diingat dukungan voice call/ video call menggunakan Whatsapp desktop saat ini baru support untuk panggilan individual saja. Panggilan group belum support

Fiture Enkripsi end-to-end di Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi chating yang paling popular saat ini, apalagi di tengah pandemi COVID-19 semua aktivitas disarankan melalui online / daring, Whatsapp pun memiliki banyak fitur yang memudahkan semua penggunanya, mulai dari usia muda hingga usia senja.

Bukan hanya untuk mengirim pesan teks, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas bertukar foto, video, kontak nama, stiker, bahkan file. Tak sampai di situ, perusahaan besar seperti Whatsapp ini terus mengembangkan dan meluncurkan fitur-fitur terbaru lainnya.

Kamu pengguna Whatsapp pasti sudah taka sing lagi dengan istilah “end-to-end”. Pernahkan terbayangkan, apasi yang dimaksud dengan istilah “end-to-end”?

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata enkripsi end-to-end pada Whatsapp ini berfungsi untuk mengamankan data pesan pada penggunanya. Whatsapp sangat menegaskan bahwa pihaknya tidak dapat mendengarkan atau membaca panggilan pribadi yang dilakukan oleh penggunanya, kabar baiknya fitur panggilan suara dan panggilan video sudah terenkripsi secara end-to-end.

Jadi, kamu ga perlu khawatir jika data Whatsapp mu akan disadap oleh pihak ke-3, misalkan oleh Pemerintah atau bahkan Pihak Whatsapp itu sendiri. Intinya Whatsapp memberikan kenyamaan dan perlindungan penuh bagi penggunanya lewat fitur end-to-end untuk berkomunikasi.

Photo :
  • Corriere

Catatan untuk menggunakan video call Whatsapp dilaptop:

1.    Fiture voice dan video call Whatsapp ini dapat dijalankan dalam perangkat yang memiliki Sistem Operasi berbasis Windows 10 64-Bit versi 1903 ke atas, dan MacOS versi 10.13 keatas
2.    Ketika menggunakan Aplikasi Whatsapp desktop ini akan memanfaatkan mikrofon dan webcam bawaan komputer / laptop selama menggunakan kedua fiture ini
3.    Sampai saat ini kedua fiture ini hanya bisa dilakukan per induvidu / kontak, sedangkan Whatsapp desktop masih belum menyediakan panggilan grup.

Seperti itu lah cara video call Whatsapp di laptop, kini video call di Whatsapp lebih puas karena layar laptop yang lebih besar disbanding layar ponsel Anda. Nah, selamat mencoba ya dan semoga bermanfaat, untuk mendukung lancarnya komunikasi virtual ini pastikan laptop Anda tersambung dengan jaringan yang cepat dan bagus.