Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

WhatsApp.
Sumber :
  • Unsplash

Washington, 20 April 2024Apple dikabarkan telah menghapus beberapa platform komunikasi populer dari App Store di China, atas permintaan pemerintah Tiongkok.

Pemerintah Daerah China Terpaksa Beli Rumah di Tengah Krisis Ekonomi

Tindakan ini dilakukan di tengah ketegangan antara Beijing dan Washington terkait upaya AS untuk melarang TikTok di Amerika Serikat.

Dikutip VIVA Tekno dar Washington Post, Apple mengkonfirmasi bahwa Administrasi Ruang Siber China, regulator internet negara itu, memerintahkan penghapusan aplikasi tersebut dengan alasan keamanan nasional.

Israel Serang Rafah, Sri Mulyani Sebut Picu Dampak dan Dinamika Luar Biasa

Meskipun Apple tidak menyebutkan aplikasi spesifik yang dihapus, perusahaan analisis Appfigures melaporkan bahwa WhatsApp dan Threads tidak lagi tersedia di App Store China.

WhatsApp.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya
iPhone SE 3 Dijual Cuma Rp2,4 Juta

"Kami berkewajiban untuk mengikuti undang-undang di negara tempat kami beroperasi, bahkan ketika kami tidak setuju," kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini dilakukan saat pemerintah AS berusaha untuk mengurangi penggunaan teknologi buatan China di Amerika Serikat dengan alasan keamanan. ]

Upaya ini berpotensi menimbulkan konsekuensi finansial bagi perusahaan AS, karena Beijing melancarkan tindakan balasan.

Dengan jumlah konsumen empat kali lipat Amerika Serikat, China adalah salah satu sumber pendapatan terbesar bagi banyak perusahaan teknologi AS, termasuk Apple.

Kedutaan Besar China tidak menjelaskan apakah perintah penghapusan WhatsApp adalah balasan atas kebijakan AS atau karena alasan lain.

Analis industri mengatakan langkah ini tampaknya merupakan tembakan peringatan dari Beijing, meskipun banyak orang di China masih dapat menemukan cara untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Firewall pemerintah China sudah memblokir akses ke WhatsApp, tetapi banyak orang dapat melewati blokir tersebut melalui jaringan pribadi virtual (VPN). Saat ini, aplikasi tersebut tidak akan tersedia untuk unduhan baru bagi pengguna dengan iPhone yang terdaftar di China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya