Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Seorang hacker/peretas mencoba membongkar keamanan siber.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/am.

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Mastercard melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Cybersecurity Center of Excellence (CoE) yang fokus pada sektor keamanan siber.

Berupaya Mempersempit Kesenjangan Digital

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif IOH Vikram Sinha mengatakan bahwa kolaborasi tersebut mengupayakan perlindungan serta peningkatan kepercayaan dalam ekonomi digital Indonesia.

“Kami merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mengatasi tantangan keamanan siber di Asia Pasifik, khususnya Indonesia. Kami yakin bahwa upaya yang kita lakukan hari ini akan memajukan sumber daya manusia keamanan siber Indonesia ke depannya," kata dia, Jumat, 19 April 2024.

IOH Kembali Hadirkan INSPIRE, Program Magang untuk Mahasiswa Tingkat Akhir dan Lulusan Baru

Vikram mengatakan, Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence bertujuan untuk mengatasi kekurangan talenta di sektor digital, khususnya keamanan siber. 

Kerja sama tersebut memfokuskan pada tiga pilar utama, yaitu edukasi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keamanan siber melalui peningkatan akses pendidikan serta pelatihan keamanan siber.

Kinerja Indosat Cemerlang

Lalu, inovasi melalui penelitian di beberapa area utama keamanan siber dan digital trust dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta kolaborasi industri dalam mendeteksi dan memitigasi penipuan.

Ia menyampaikan, tantangan keamanan siber semakin meningkat di seluruh dunia, dengan kerugian yang diprediksi akan melonjak menjadi US$14 triliun pada 2028, dari sebelumnya US$8 triliun di 2023.

Adapun survei global terbaru juga mengungkapkan bahwa 72 persen serangan siber di Asia disebabkan oleh kurangnya tenaga ahli di bidang tersebut.

"Kerja sama ini juga turut memperkuat tujuan menciptakan satu juta talenta digital di Indonesia. Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya global dan lokal, Indosat-Mastercard Cybersecurity siap memainkan peran sentral dalam meningkatkan ekosistem keamanan siber Indonesia, menempatkan Indonesia sebagai pionir digital di panggung global," jelas Vikram Sinha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya