Pindah Chat WhatsApp dari Android ke iOS Jadi Makin Mudah

WhatsApp.
Sumber :
  • Operation Eagle

VIVA Tekno – WhatsApp telah menguji transfer riwayat obrolan dari perangkat Android untuk dipindahkan ke iOS yang secara resmi pada hari ini dapat berfungsi secara penuh.

“Anda mulai sekarang akan memiliki kemampuan untuk mentransfer seluruh riwayat obrolan Anda dari Android ke iOS dan sebaliknya.  Sekarang Anda memiliki kebebasan untuk beralih ke dan dari perangkat pilihan Anda”, mengutip dari cuitan akun Twitter resmi WhatsApp, Jumat, 22 Juli 2022.

Untuk melakukan pemindahan dari Android ke iOS ini, pengguna harus menggunakan aplikasi “Move to iOS” di Android. Adapun, terdapat beberapa pesyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna untuk melakukan ini, seperti dikutip dari situs GSM Arena, Jumat, 22 Juli 2022.

Pertama, pengguna harus menggunakan WhatsApp versi terbaru baik pada perangkat pengirim dan penerima. Kedua, pengguna juga harus menggunakan nomor telepon yang sama dengan telepon lama pengguna atau mengubahnya sebelum mentransfer, dan terakhir, iPhone penerima juga harus diatur ulang pabrik atau iPhone baru.

Nantinya, dengan kehadiran fitur ini, pengguna dapat memindahkan informasi akun, foto profil, obrolan individu dan grup, riwayat obrolan, media obrolan, dan pengaturan WhatsApp. Tetapi, pengguna tetap tidak dapat memindahkan riwayat panggilan WhatsApp atau pesan pembayaran peer to peer, dikutip dari situs WhatsApp.

Tidak dapat memindahkan percakapan WhatsApp saat beralih perangkat antara iOS dan Android telah lama menjadi permasalahan.

Selama ini, untuk mentransfer riwayat obrolan antar ekosistem hanya dapat dilakukan dengan bantuan beberapa alat transfer data pihak ketiga, yang biasanya metode ini tidak gratis, dan sulit digunakan.

Dengan hadirnya fitur ini, dirasa dapat membuat pengguna WhatsApp menjadi semakin mudah untuk berpindah-pindah perangkat dari Android ke iOS atau sebaliknya.