Twitter dan Instagram Batasi Aktivitas Kanye West di Media Sosial

Kanye West.
Sumber :
  • Instagram @kanyewestt_official

VIVA Tekno – Bukan Kanye West namanya jika tidak menimbulkan kontroversi. Kali ini, ulahnya membuat dua media sosial raksasa, Twitter dan Instagram, marah dan memutuskan untuk membatasi aktivitas Kanye di platform mereka.

Melansir Page Six, bermula pada Senin pekan lalu, di Paris Fashion Week, ia memulai debutnya dengan T-shirt untuk lini fesyennya yang bertuliskan "White Lives Matter" yang menuai banyak kontroversi.

Pada hari Jumat 7 September 2022, dia membuat postingan di Instagram bahwa Sean Combs, rapper yang dikenal sebagai Diddy, sedang dikendalikan oleh orang-orang Yahudi. Setelah postingan tersebut, akun milik Kanye  dibatasi oleh Instagram pada hari itu.

Kesal karena aktivitasnya dibatasi, Kanye "pergi" ke Twitter dan mengunggah foto lama dirinya dan pemilik Meta, yang juga pemilik Instagram, Mark Zuckeberg, yang sedang bernyanyi bersama.  "Bagaimana bisa kamu menendangku dari instagram," tulisnya.

Belum puas, pada Minggu pagi, 9 Oktober 2022, mantan suami Kim Kardashian tersebut menggunakan Twitter dan mengecam orang-orang Yahudi dalam serangkaian tweet.

Kanye bahkan menulis bahwa dia akan segera pergi ke "kematian 3 ORANG YAHUDI," referensi yang jelas untuk kondisi kesiapan pertahanan Amerika Serikat, yang dikenal sebagai Def. Con. “Kalian telah mempermainkan saya dan mencoba menutupi siapa pun yang menentang agenda Mereka,” tulisnya. Tweet itu telah dihapus oleh Twitter.
Dalam tweet terpisah, Kanye bahkan kembali menuduh Mark Zuckerberg, menghapusnya dari Instagram. "Menurutmu siapa yang menciptakan budaya pembatalan (canceled culture)?" tambahnya di tweet lain.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Twitter mengatakan akun Kanye telah dikunci karena melanggar kebijakan Twitter. Seorang juru bicara Meta juga mengatakan bahwa Kanye telah mendapat pembatasan pada akunnya karena berulang kali melanggar aturan perusahaan mengenai unggahan.

Pembatasan di Twitter dan Instagram berarti bahwa akun Kanye masih aktif, tetapi rapper tersebut tidak dapat memposting apapun untuk periode yang tidak diungkapkan.