Tumblr Catat 1,5 Miliar Pageview per Bulan

Screenshot Tumblr
Sumber :
  • techcrunch.com

VIVAnews - Persis setahun yang lalu, tepatnya Juli 2009, platform mikroblog Tumblr mencatat 255 juta pageview per bulannya. Memasuki bulan November, jumlahnya melonjak jadi 420 juta pageview.

Tetapi, dari statistik yang ditunjukkan Quantcast hari ini, Tumblr mencatat pertumbuhan pageview sangat pesat. Tak tanggung-tanggung, per Juni 2010, Tumblr mencatat 1,5 miliar pageview per bulan.

Dengan pencapaian ini, untuk pertama kalinya, perusahaan yang berkantor di New York itu masuk ke dalam jajaran 50 besar website dengan trafik tertinggi di Amerika Serikat.

Dari data yang sama, Tumblr dilaporkan mempunyai 6,25 juta pengguna. Setengah di antaranya berdomisi di Amerika Serikat. Rata-rata pengguna Tumblr memposting 4,5 juta tiap harinya, naik drastis dari sekitar 650.000 posting di tahun lalu.

Namun, yang paling mengesankan, perusahaan start up dengan nilai US$10,3 juta (setara Rp92,7 miliar) ini mencatat 300 juta pageview per bulannya.

Saat ini, Tumblr kedatangan sekitar 25.000 pengguna baru setiap harinya, sehingga ada kemungkinan ia memiliki tujuh juta pengguna bulan depan. Jika pertumbuhannya stabil, bukan tidak mungkin Tumblr menembus dua miliar pageview pada bulan September.

Mengetahui sekitar 50 persen pengguna Tumblr berada di luar Amerika Serikat, layanan yang mayoritas penggunanya berusia 18-34 tahun (39 persen) ini akan meluncurkan lima versi bahasa dalam waktu dekat, yaitu English, French, Japanese, German, dan Italian.

"Nanti akan menyusul beberapa (bahasa) lainnya," kata David Karp, pendiri Tumblr, Selasa 19 Juli 2010. "Nanti kami akan sediakan beberapa tools baru untuk memudahkan desainer dalam mengembangkan bahasa baru." (Tech Crunch) (hs)