Begini Tampang CCTV Untuk Tilang Elektronik

Dahua CCTV
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA – Indonesia tengah memberlakukan tilang elektronik (e-tilang) yang mengandalkan kekuatan perangkat CCTV. Dahua menjadi salah satu merek yang dipercaya untuk digunakan dalam implementasi aturan baru ini. Lalu seperti apa kamera yang digunakan untuk e-tilang ini?

Menurut Arif Rahman, Technical Support dari PT Dahua Vision Technology Indonesia, CCTV yang digunakan merupakan seri ITC 231. Perangkat tersebut memiliki kemampuan mendeteksi plat nomor kendaraan yang berjalan dengan kecepatan 80 kilometer per jam. CCTV tersebut mampu mengenali 250 merek kendaraan dan 8 jenis tipe kendaraan.

"Kami tidak bisa memberitahukan berapa unit yang kami supply tapi yang jelas, porsi yang kami sediakan sangat besar, sekitar 60 persen dari total kebutuhan yang ada, untuk e-tilang ini," kata Arif ditemui di kantor baru yang sekaligus merupakan showroom Dahua Technology di Pantai Indah Kapuk, Senin, 3 Desember 2018.

Ditambahkan Julius Hartono, Project & Sales Manager PT Jaring Semesta Integrasi (JSI), harga perangkat tersebut cukup mahal. Satu unit CCTV ditambah bracker dan asesoris pendukung lainnya, bisa lebih dari Rp40 juta. Sedangkan bagian monitoring dan command center, tentu saja dilakukan oleh pihak kepolisian tanpa melibatkan sipil seperti mereka.

PT JSI sendiri merupakan distributor kedua untuk perangkat Dahua di Indonesia. Mereka baru saja meresmikan kantor baru di Pantai Indah Kapuk yang berfungsi sebagai user experience center dan showroom yang terbuka bagi masyarakat umum untuk mengetahui mengenai pemanfaatan CCTV dan update terbaru mengenai security system. 

"Siapa saja bisa datang ke sini untuk melihat-lihat produk yang ditampilkan dan nanti tim kami akan membantu menjelaskan manfaatnya. Jadi, bagi yang merasa awam mengenai CCTV, kami persilakan untuk datang dan mengenal lebih jauh mengenai solusi keamanan dari produk yang ada," ujar Sendy Suwendy, Direktur JSI.

Pada showroom yang dihadirkan, JSI menampilkan display produk dan solusi yang dapat di demonstrasikan. Tampak jejeran seri produk seperti Panoramic & Fish Eye CCTV - yang dapat melihat secara panoramik 360°, Thermal CCTV (kamera surveilans dengan sensor suhu atau temperatur), Explosion Proof CCTV (kamera yang tidak memicu ledakan). 

Di showroom terintegrasi ini, pengunjung juga bisa mendapatkan insight mengenai solusi security system terkini, seperti teknologi Face Recognition (untuk pengenalan wajah), People Counting  (untuk menghitung orang yang lalu lalang di suatu lokasi), dan LPR (untuk pengenalan pelat nomor kendaraan). Jadi apapun solusi yang diinginkan baik itu untuk kebutuhan personal, skala kecil-menengah hingga proyek untuk kota, negara, infrastruktur publik, JSI menyediakannya dengan variasi range harga sesuai kebutuhan. 

Selain menyajikan display dan demo produk CCTV beserta kehebatan teknologinya, JSI juga menyediakan service center sebagai layanan purna jual terhadap produk-produk Dahua. Dengan begitu pelanggan tidak perlu khawatir apabila mengalami masalah atau kendala pada produk setelah pembelian.