Samsung Galaxy S20 Bisa Nguping Percakapan Orang, Speknya Ngeri

Samsung Galaxy S20 Tactical Edition.
Sumber :
  • Dok. Samsung

VIVA – Samsung merilis Galaxy S20 Tactical Edition. Ponsel pintar atau smartphone ini dikhususkan untuk tentara dalam menjalankan sebuah operasi militer. Sejumlah fitur baru ditawarkan yang memang ditujukan mempermudah gerak-gerik prajurit di medan pertempuran. Salah satunya, Samsung Galaxy S20 versi militer ini bisa mendengar percakapan orang lantaran mampu menangkap frekuensi Citizens Broadband Radio Service (CBRS) atau Radio Antar Penduduk.

Dengan demikian, seperti dikutip dari situs GSM Arena, Selasa, 2 Juni 2020, mempermudah personel militer mengumpulkan informasi rahasia milik musuh. Selain itu, raksasa teknologi Korea Selatan ini mengklaim Samsung Galaxy S20 Tactical Edition hadir dengan perangkat lunak (software) yang sudah dirancang khusus, bukan hanya dapat berjalan di frekuensi seluler, seperti frekuensi 4G LTE (Long Term Evolution) dan 5G sub6, tetapi juga dapat live di jaringan radio taktis dalam mendukung misi khusus.

Soal spesifikasi, smartphone premium itu berjalan dengan sistem operasi (OS) Android 10 dengan user interface One UI 2. Kemudian didukung oleh fitur pemandu drone, laser range finder, GPS eksternal, serta berbagai fitur untuk prajurit di garis depan. Sadar karena berperan sebagai smartphone militer, maka standard kerahasiaan komunikasi menjadi mutlak.

Samsung Galaxy S20 Tactical Edition.

Sejauh ini sertifikat yang sudah berhasil disabet ponsel ini berasal dari NSA’s CSfC Component’s List, NIAP Common Criteria/MDFPP, DODIN APL, FIPS 140-2, DISA Android 10 STIG dan IP68 rating.

Otak pintar smartphone ini berasal dari prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 865 (SM8250) 64-bit dengan 7 nm application processor. Sementara memori internal atau ROM tersedia 128GB dengan kapasitas RAM 12GB. Jika masih kurang, tersedia slot memori eksternal dengan MicroSD hingga kapasitas 1TB.

Dengan kapasitas baterai yang sebesar 4.000mAh, Samsung Galaxy S20 Tactical Edition dilengkapi fitur wired super fast charging 3 dan wireless fast charging. Adapun kamera utamanya mengandalkan fitur tele 64 Mpix dengan 3x hybrid optic zoom dan 30x digital Zoom. Sementara bila menggunakan mode ultra wide dan wide camera resolusinya 12 Mpix.

Untuk kamera depan yang biasa digunakan untuk video call dan selfie punya resolusi hingga 10 Mpix. Sensitivitas sentuhan otomatis diberikan sesuai standard TE S20 untuk pengoperasian dengan sarung tangan. Lantas, apakah smartphone super canggih ini bisa didapat dengan mudah? Jawabannya tidak. Samsung memastikan bahwa Galaxy S20 Tactical Edition tidak akan dijual di pasar ritel, baik offline maupun online.