Kedipan Mata Makhluk Ini Bikin Ngeri

Robot Gaze.
Sumber :
  • Futurism

VIVA – Kendati diciptakan mirip seperti manusia, namun robot yang ada saat ini masih banyak memiliki kekurangan. Salah satunya tatapan mata yang kosong. Disney berusaha untuk memperbaiki dan menciptakan robot yang bisa berkedip dan menggerakkan kepala.

Temuan ini dikembangkan oleh para ilmuwan dari divisi penelitian dan pengembangan Disney bernama Walt Disney Imagineering bekerja sama dengan tim peneliti dari Universitas Illinois, Urbana Campaign, serta Intitut Teknologi California – ketiganya dari Amerika Serikat (AS).

Sayangnya, penampakan robot bernama Gaze itu masih sangat menyeramkan. Ia memiliki sedikit kulit pada bagian kepala yang berwarna putih. Hanya gigi, mata, dan sedikit kulit di bagian kelopaknya.

Akan tetapi, para peneliti berhasil membuat robot yang menyerupai manusia hingga bisa mengelabui orang asli, seperti dilansir dari laman Gizmodo, Senin, 2 November 2020. Salah satunya adalah gerakan halus dari kepala.

Manusia memiliki gerakan halus di kepala saat berinteraksi dengan orang lain. Saat menatap mata seseorang, maka kepala secara perlahan membuat gerakan kecil. Gerakan ini juga termasuk naik dan turun saat manusia menarik serta menghembuskan napas.

Mata juga akan secara konstan melakukan koreksi membuat visi penglihatan manusia terbatas pada area dua persen dari bidang pandang seseorang.

Dalam penelitian yang berjudul Realistic and Interactive Robot Gaze, para peneliti menyatakan robot menggunakan sensor di bagian dadanya.

Dengan begitu bisa mengidentifikasi jika ada orang yang mencoba untuk melakukan interaksi dan menatap balik. Lalu, kemampuan untuk menatap balik orang ditambahkan menjadi geraka di kepala.

Para peneliti juga mengembangkan robot lebih jauh lagi agar interaksinya mirip seperti manusia. Yaitu, apabila tiba-tiba ada suara di kejauhan maka Robot Gaze akan mengalihkan wajah untuk mencari sumber suara. Namun setelah itu akan kembali menatap mata orang yang sedang berinteraksi dengannya.