Jangan Menyelupkan iPhone 13 kedalam Air Terlalu Lama

iPhone 13.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Asal tahu saja, belum ada iPhone yang benar-benar tahan air. Jika pemiliknya menyelupkan iPhone ke dalam air atau cairan lain dalam waktu lama, maka dipastikan mati.

Oleh karena itu, Apple cenderung menggunakan istilah water resistant dibanding waterproof. Komisi Elektronteknik Internasional (International Electrotechnical Commission/IEC) menggunakan peringkat untuk menggambarkan daya tahan iPhone yang disebut Kode IP.

Kode IP ini terdiri dari dua angka. Angka pertama mewakili perlindungan perangkat terhadap benda padat (dari 0 hingga 6, di mana 0 tidak melindungi sama sekali). Angka kedua mewakili perlindungan perangkat terhadap cairan (dari 0-9, 0 tidak melindungi sama sekali), seperti dikutip VIVA Tekno dari Mashable, Rabu, 17 November 2021.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya iPhone mana yang tahan air, dan seberapa besar pertahanannya, yuk, lihat daftar di bawah ini untuk melihat apakah ada iPhone milik Anda serta perhatikan Kode IP menurut Apple:

Model iPhone di bawah ini adalah paling tahan air dan memiliki peringkat IP68 (kedalaman air maksimum 6 meter selama 30 menit):

iPhone 13
iPhone 13 Mini
iPhone 13 Pro
iPhone 13 Pro Max
iPhone 12
iPhone 12 Mini
iPhone 12 Pro
iPhone 12 Pro Max

Model iPhone di bawah ini memiliki peringkat IP68 (kedalaman air maksimum 4 meter selama 30 menit):

iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro Max

Model iPhone di bawah ini memiliki peringkat IP68 (kedalaman air maksimum 2 meter selama 30 menit):

iPhone 11
iPhone XS
iPhone XS Max

Model iPhone di bawah ini memiliki peringkat IP67 (kedalaman air maksimum 1 meter selama 30 menit):

iPhone SE (generasi ke-2)
iPhone XR
iPhone X
iPhone 8
iPhone 8 Plus
iPhone 7
iPhone 7 Plus

Seperti yang dicatat oleh Dukungan Apple, peringkat perlindungan perangkat terhadap air tidaklah permanen. Jika Anda merendam iPhone 13 ke dalam air selama 20 menit, maka ponsel anyar ini mungkin saja cukup terlindungi.

Pada saat itu. Tetapi jika Anda terus merendamnya dalam air berulang kali, kemungkinan tingkat perlindungannya akan berkurang.