2014, Pengapalan Ponsel Pintar Global Hampir 1,2 Miliar Unit

Smartphone.
Sumber :
  • Freepik

VIVA.co.id - Sekitar 1,167 miliar unit ponsel pintar dikapalkan pada tahun lalu, angka ini meningkat sekitar 25,9 persen berdasarkan year on year (YoY).

Angka ini dilaporkan oleh analis TrendForce dan dikutip Cellular News, Jumat 30 Januari 2015. Menurut laporan tersebut, dari total angka itu jika digabungkan, Samsung dan Apple berkontribusi sekitar 518 juta unit ponsel pintar, atau hampir 60 persen.

"Kompetisi kedua brand ini secara tidak langsung mempersempit margin mereka sendiri," kata analis smartphone global TrendForce, Avril Wu.

2014, dianggap sebagai tahun yang cukup sulit bagi Samsung. Sebab, pangsa pasar Samsung menurun 28 persen dibanding tahun sebelumnya yang sempat mencapai 32,5 persen. Namun begitu, Samsung tetap menjadi nomor satu di bisnis smartphone global.

"Smartphone mahal buatan Samsung, Galaxy Note, menghadapi persaingan dengan iPhone 6 Plus, sedangkan smartphone murah mereka mendapat tantangan dari merek Tiongkok yang terjangkau," ujar Wu.

Total pengapalan smartphone Samsung pada 2014 mencapai 326,4 juta unit, atau naik tiap tahunnya 8,4 persen.

Sedangkan Apple mampu mempertahankan peningkatan per tahun mencapai 24,5 persen. Total pengapalan smartphone Apple sekitar 191,3 juta unit pada 2014, dengan pangsa pasar 16,4 persen. Sukses besar Apple dikontribusi dari penjualan iPhone 6 Plus yang mengubah Apple sebagai produsen smartphone berukuran layar di atas 5 inci.

Menurut TrendForce, smartphone merek Tiongkok memberikan kontribusi yang cukup besar dalam total pengapalan smartphone. Sekitar 40 persen, ponsel pintar di seluruh dunia merupakan merek Tiongkok. (asp)

BACA JUGA: