Muak Denda Cancel Grab, Pakai Lima Aplikasi Alternatif Ini

Ilustrasi Taksi online Grab.
Sumber :
  • Grab

VIVA – Aplikasi transportasi online Grab resmi menerapkan denda akibat cancel pesanan antara RM3 atau Rp10.470 sampai RM5 atau Rp17.450 mulai Senin, 25 Maret 2019 di Malaysia.

Pesaing Gojek ini mengklaim bahwa denda tersebut hanya berlaku bagi pengguna yang 'dengan sengaja menyalahgunakan' platform mereka. Namun, alasan itu justru menuai protes dari pengguna lantaran dinilai semena-mena.

Kendati demikian, pengguna yang tidak suka dengan kebijakan Grab ini masih bisa menikmati layanan transportasi berbagi tumpangan atau ride-hailing lainnya.

Mengutip situs The Star, Selasa, 26 Maret 2019, berikut lima ride-hailing alternatif yang bisa dimanfaatkan pengguna, selain Grab:

Mula

Lewat transportasi online ini, pengguna dapat melakukan lebih dari sekadar menelepon untuk menjemput. Mereka juga bisa mengatur pemesanan untuk bepergian di kemudian hari lewat 'Pre-book tab'.

Kemudian, ada juga 'Chartered tab' bagi pengguna yang ingin memesan mitra pengemudi atau driver minimal dua jam sebelum keberangkatan. Layanan ini mirip dengan layanan penyewaan mobil GrabCar.

Khusus penumpang perempuan, mereka bisa mengaktifkan fitur 'Mula Pink Driver' di bawah Opsi di halaman pemesanan. Ini adalah fitur keselamatan yang dikembangkan Mula yang bisa mengajukan permintaan untuk driver perempuan.

Pengguna bahkan mendapatkan opsi untuk memberi apresiasi sang driver yang disukai ke dalam 'Favourite Driver page'.

Di sini pengguna bisa memilih sampai lima orang driver favorit perempuan, dan secara khusus juga bisa memilih siapa saja, asalkan sedang online, untuk meminta mereka agar menjemput pengguna.

Saat ini layanan Mula hanya tersedia di Klang Valley, Penang dan Johor. Namun, berhati-hatilah, karena layanan ini juga mengenakan biaya pembatalan sebesar RM5 apabila pengguna membatalkan pesanan atau cancel order dalam lima menit setelah driver menerima order.

EzCab

Pengguna dapat meminta layanan taksi ekonomis dengan menggunakan meteran, mobil pribadi, dan bahkan, kendaraan dengan sembilan tempat duduk.

Aplikasi ini menawarkan hak istimewa seperti diskon untuk perjalanan ke lokasi yang dipilih seperti berbelanja di IKEA dan diskon 10 persen tiket masuk kebun binatang.

Terlepas dari metode pembayaran tunai dan kartu kredit, EzCab menerima Boost, Touch & Go eWallet, Alipay, dan pembayaran WeChat. Mereka mengatakan bahwa layanannya tersedia di Kuala Lumpur, Lembah Klang, Penang, Perak, Negeri Sembilan, Johor Bahru, Melaka dan Sabah.

Dacsee

Ini adalah layanan transportasi online yang unik karena hanya driver yang dikenal yang akan dinaiki kendaraannya oleh pengguna.

Dacsee memberi pengguna opsi untuk meminta tumpangan dari teman atau anggota keluarga. Pengguna pertama-tama harus mengundang teman atau anggota keluarga untuk bergabung dengan komunitas Dacsee.

Lalu, memeriksa apakah mereka memenuhi persyaratan menjadi driver dan mendaftar secara online. Tentu saja, teman atau anggota keluarga ini akan dibayar setelah mereka menyelesaikan perjalanan.

Selain itu, merasa ingin pergi ke suatu tempat tetapi tidak yakin ke mana harus pergi? Dacsee memiliki opsi yang disebut 'Joy Locations', di mana pengguna dapat memilih untuk pergi ke lokasi yang disarankan seperti Dunkin Donuts di mal atau gerai Starbucks.

Aplikasi ini memberikan imbalan seperti uang kembali atau cashback sebesar RM5 untuk Anda yang berbelanja di lokasi yang disarankan Dacsee. Layanan ini tersedia di Perak, Sarawak, Johor Bahru, Penang, Sabah, dan Lembah Klang.

MyCar Passenger

Saat pengguna ingin membatalkan perjalanan, aplikasi ini akan menanyakan alasannya. Pengguna bisa memilih kalimat seperti "Saya sudah menunggu terlalu lama", "Saya sudah memasukkan lokasi yang salah", dan "Pengemudi meminta untuk membatalkan pesanan". Dengan begitu pengguna tidak akan dikenai denda cancel.

JomRides

JomRides adalah aplikasi ride-hailing, yang pada dasarnya sama seperti yang lainnya. Namun, mereka memiliki Tombol Panik SOS bagi pengguna saat dalam keadaan darurat ataupun bahaya mengancam. (ann)