Induk Rumah.com Semakin Menggeliat

PropertyGuru.
Sumber :
  • AsiaTechDaily

VIVA – Perusahaan rintisan bidang teknologi properti (startup proptech) asal Singapura yang juga induk usaha Rumah.com, PropertyGuru, resmi mengakuisisi seluruh saham unit usaha REA Group di Malaysia dan Thailand.

REA Group merupakan perusahan periklanan real estat yang mengoperasikan iProperty dan Brickz di Malaysia, serta thinkofliving dan Prakard di Thailand. Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, REA Group akan menerima 18 persen kepemilikan ekuitas dalam PropertyGuru Group dan menunjuk seorang direktur dalam dewan direksi.

Baca: Dedikasi Ojol Ini Bikin Konsumen Terharu

Transaksi ini diharapkan tuntas Juli 2021. "Akuisisi ini memperkokoh strategi PropertyGuru sebagai grup proptech nomor satu di Asia Tenggara," kata Kepala Dewan PropertyGuru Group, Olivier Lim, seperti dikutip dari situs Deal Street Asia, Rabu, 2 Juni 2021.

PropertyGuru menjalankan pasar properti di lima negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Salah satunya Indonesia dengan Rumah.com. Menurut Lim, penambahan bisnis ini akan meningkatkan kemampuan PropertyGuru untuk memberikan akses para pencari rumah pada yang lengkap.

Akuisisi tersebut juga merupakan tonggak penting dalam sejarah PropertyGuru untuk memberikan nilai yang lebih besar bagi pelanggan di pasar Asia Tenggara. "Kami senang menyambut REA Group sebagai pemegang saham strategis, bergabung dengan para investor teknologi terkemuka lainnya, seperti KKR dan TPG," tuturnya.

Dalam beberapa bulan depan, PropertyGuru Group akan bekerja sama sebagai sebuah tim dan menerapkan strategi yang mendukung bisnis gabungan kedua perusahaan. Dengan menggabungkan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, PropertyGuru Group dan REA Group optimistis dapat memberikan lebih banyak inovasi kepada para pencari rumah.

Hal ini juga untuk melengkapi karyawan dengan wawasan yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan dengan kepercayaan diri. Sementara itu, Kepala Eksekutif REA Group, Owen Wilson, mengaku memiliki visi yang sama dengan PropertyGuru melihat peluang yang luar biasa di Malaysia dan Thailand.

"Bergabung dengan PropertyGuru Group menciptakan peluang yang baru untuk kolaborasi dan akses ke keahlian, teknologi, dan investasi yang lebih luas," jelas dia. Kerja sama ini akan memposisikan merek-merek yang sudah kuat untuk mempercepat gelombang inovasi proptech berikutnya di Asia Tenggara.

Akuisisi ini akan memberikan beragam keuntungan di antaranya, memungkinkan kedua perusahaan untuk menggabungkan sumber daya, mempercepat inovasi, dan menyediakan solusi digital yang lebih baik bagi para pencari rumah, agen, serta pengembang properti.