Elon Musk, Manusia Rp4.000 Triliun yang Enggak Punya Rumah

Jeff Bezos vs Elon Musk.
Sumber :
  • Axios

VIVA – Elon Musk, pendiri SpaceX dan Tesla, berkali-kali didaulat sebagai orang terkaya di Bumi. Ia sukses menggeser posisi Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon dan Blue Origin.

Dalam sebuah wawancara, dirinya bercerita kalau saat ini hidup menumpang di rumah temannya di sekitar Bay Area, San Francisco, Amerika Serikat (AS).

"Saya bahkan tidak memiliki tempat (rumah) sekarang. Saya benar-benar tinggal di tempat teman. Jika bepergian ke Bay Area di mana sebagian besar teknisi Tesla berada di sana, secara bergiliran, saya tidur di kamar cadangan," kata dia, seperti dikutip dari situs Express, Jumat, 22 April 2022.

Elon Musk ingin memiliki citra sebagai miliarder yang rendah hati dengan tidak mengkonsumsi miliaran dolar AS per tahun untuk konsumsi pribadi. Ia juga mengklaim tidak pergi berlibur dan tidak memiliki kapal pesiar.

"Satu pengecualian adalah pesawat. Jika saya tidak menggunakan pesawat maka saya hanya memiliki sedikit waktu untuk bekerja," klaim dia. Elon Musk juga mengaku memiliki harta sekitar US$269 miliar (hampir Rp4 ribu triliun).

Usaha besar pertamanya dimulai pada 1990-an ketika ia bekerja sama dengan saudaranya untuk membentuk sebuah perusahaan bernama Zip2.

Menurut sebuah laporan oleh Tipalti Approve, kekayaannya diprediksi melonjak menjadi US$1 triliun (Rp14 ribu triliun), yang menjadikannya sebagai triliuner pertama di dunia pada awal 2024.

"Sejak tahun 2017, kekayaan Elon Musk telah menunjukkan peningkatan rata-rata tahunan sebesar 129 persen yang berpotensi membuatnya memasuki klub triliunan dolar AS hanya dalam dua tahun yang singkat yang kekayaan bersihnya mencapai US$1,38 triliun tahun 2024 tepat usianya ke 52 tahun," kata laporan tersebut.

Pria keturunan Afrika Selatan ini pernah mengaku tinggal di rumah prefabrikasi senilai US$50 ribu atau Rp700 jutaan yang berukuran sekitar 400 kaki persegi, yang terletak di fasilitas pengujian Tesla di Texas Selatan, AS.

YouTuber Matt Wallace membuat tweet kalau Elon Musk hidup sangat sederhana menurut standard miliarder. Ia hanya memiliki satu rumah tinggal.

Elon Musk menggunakan lebih sedikit hartanya daripada kebanyakan multi-jutawan padahal sudah bekerja jauh lebih keras. Belum lagi miliaran dolar AS yang disimpan di saham.