Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Elon Musk.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA Tekno – CEO Tesla Elon Musk telah bertemu dengan pejabat nomor 2 China dalam kunjungan mendadak ke Beijing.

Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

Pertemuan Musk dengan Perdana Menteri China Li Qiang terjadi ketika produsen mobil Tiongkok mempromosikan kendaraan listrik terbaru mereka di Beijing Motor Show yang berlangsung dari 25 April hingga 5 Mei 2024.

Dalam pertemuan mereka pada hari Minggu, Li mengatakan kepada Musk bahwa dia berharap Amerika Serikat akan terlibat dengan Tiongkok dalam kerja sama yang saling menguntungkan dan menyebut operasi Tesla di Tiongkok sebagai contoh sukses kerja sama, media pemerintah Tiongkok melaporkan.

Baru Dipakai 39 Km, Xiaomi SU7 Ini Rusak Total

“Pasar Tiongkok yang berskala sangat besar akan selalu terbuka bagi perusahaan-perusahaan yang didanai asing,” kata Li dikutip VIVA Tekno dari laman aljazeera pada Senin, 29 April 2024.

“Tiongkok akan menepati janjinya dan akan terus bekerja keras untuk memperluas akses pasar dan memperkuat jaminan layanan.”

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Musk mengatakan dalam sebuah posting di X bahwa dia “merasa terhormat” bertemu dengan pejabat nomor 2 itu.

“Kami sudah saling kenal selama bertahun-tahun, sejak awal Shanghai,” kata Musk.

Kunjungan Musk tidak diumumkan sebelumnya dan tidak jelas apakah rencana perjalanannya mungkin termasuk kunjungan ke pameran otomotif Beijing, di mana produsen mobil Tiongkok memamerkan kendaraan listrik yang bersaing langsung dengan model Tesla.

Perjalanan pengusaha miliarder itu terjadi hanya seminggu setelah dia membatalkan jadwal kunjungan ke India untuk bertemu Perdana Menteri Narendra Modi karena “kewajiban Tesla yang sangat berat”.

Tesla mengoperasikan pabrik terbesarnya di luar AS di Shanghai, tempat sekitar setengah kendaraannya diproduksi. Produsen mobil listrik tersebut sedang berjuang dengan penjualan yang lesu, sebagian karena persaingan yang ketat dari merek Tiongkok.

Pengiriman kendaraan Tesla turun 8,5 persen pada kuartal pertama, berkontribusi terhadap penurunan harga saham sebesar 40 persen sejak Juli. Perusahaan tersebut pekan lalu melaporkan laba sebesar $1,1 miliar pada kuartal pertama, turun dari $2,51 miliar pada tahun lalu.

CEO X Elon Musk.

Photo :
  • vstory

Musk awal bulan ini mengatakan kepada stafnya melalui sebuah memo bahwa perusahaannya  akan memberhentikan lebih dari 10 persen tenaga kerja globalnya agar perusahaan tersebut “ramping, inovatif, dan haus akan siklus fase pertumbuhan berikutnya”.

Raksasa otomotif Tiongkok BYD mencopot Tesla sebagai pembuat kendaraan listrik terbesar di dunia dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, meskipun perusahaan yang berbasis di Austin, Texas itu merebut kembali gelar tersebut pada kuartal pertama tahun ini.

Musk telah melakukan beberapa perjalanan ke Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir, dan mengakhiri kunjungan terakhirnya pada bulan Juni tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya