Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

Bendera Amerika Serikat (AS).
Sumber :
  • feelgrafix.com

VIVA – Sebuah jajak pendapat baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah warga Amerika Serikat yang memandang China sebagai musuh telah meningkat. Sebagian besar warga AS memiliki pandangan tidak menyenangkan terhadap negara yang dikuasai Partai Komunis China (PKC), seiring meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing dalam beberapa tahun terakhir. 

Ranking UI Naik 31 Peringkat Versi QS, Dari Posisi 237 ke 206 Dunia

Dilansir The Hongkong Post, Senin 13 Mei 2024, menurut survei yang dirilis lembaga pemikir non-partisan Pew Research Center yang berbasis di Washington pada tanggal 1 Mei 2024, sekitar 81 persen warga Amerika memiliki pandangan yang tidak menyenangkan terhadap China, termasuk 43 persen yang memiliki pandangan yang sangat tidak menyenangkan, dan sebaliknya. , hanya 16 persen yang memandang China dengan baik.

Hasil jajak pendapat menunjukkan sekitar delapan dari 10 orang Amerika melaporkan pandangan yang tidak menyenangkan terhadap China. Presiden Tiongkok Xi Jinping juga menerima penilaian negatif serupa.

Bantah Kirim Senjata Nuklir ke Korsel, Amerika Ogah Ribut dengan China dan Korut

Ketika banyak orang Amerika (sekitar 71 persen) masih setuju bahwa pengaruh China di dunia semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir, terdapat kekhawatiran mengenai bagaimana rezim PKC berinteraksi dengan negara-negara lain, karena 61 persen warga AS setidaknya merasa khawatir terhadap hal ini. Sengketa wilayah China dengan negara-negara tetangga, sesuai laporan survei.

Sedangkan, terkait hubungan China dengan Amerika Serikat, sebagian besar orang Amerika memberikan penilaian negatif.

Heboh Listrik Mati di Sumatera, Netizen: Gimana Mau Kendaraan Berubah Menjadi Listrik!

Sebagian besar warga AS menganggap China sebagai musuh AS, dan sebagian besar berpendapat bahwa membatasi kekuasaan dan pengaruh Beijing harus menjadi prioritas utama kebijakan luar negeri AS, sementara sekitar dua pertiga warga AS berpendapat bahwa China mempunyai banyak dampak negatif terhadap perekonomian AS.

Bendera Amerika Serikat (AS) dan China.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua.

Menurut laporan tersebut, sebagian besar warga Amerika, sekitar 50 persen, menyebut China sebagai pesaing, sementara sekitar 42 persen warga AS menyebut China sebagai musuh.

Hanya enam persen warga Amerika yang melihat China sebagai mitra. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan 50 persen responden yang menggambarkan China sebagai pesaing, namun sedikit meningkat dari 38 persen responden Amerika yang menyebut China sebagai musuh tahun lalu, dan juga merupakan jumlah terbesar yang menggambarkan raksasa Asia sebagai musuh sejak saat itu.

Laporan survei tersebut menjelaskan bahwa sebagian besar masyarakat Amerika juga kritis terhadap dampak China terhadap perekonomian Amerika, dan menggambarkan pengaruh China sebagai besar dan negatif. 

Sekitar separuh warga Amerika berpendapat bahwa membatasi kekuasaan dan pengaruh China harus menjadi prioritas utama kebijakan luar negeri AS, dan 42 persen lainnya berpendapat bahwa hal ini harus diprioritaskan, berdasarkan laporan jajak pendapat.
Survei Pew Research Center, yang dilakukan pada 1-7 April tahun ini terhadap 3.600 orang dewasa AS, menemukan bahwa Partai Republik lebih waspada terhadap China dibandingkan Demokrat.

Dibandingkan dengan anggota Partai Demokrat dan kelompok independen yang berhaluan Partai Republik dan kelompok independen yang berhaluan Partai Demokrat, mereka yang berhaluan Demokrat dan Demokrat cenderung memiliki pandangan yang sangat tidak menyenangkan terhadap China dan menganggap negara tersebut sebagai musuh AS, dan mereka juga lebih cenderung mengatakan bahwa China akhir-akhir ini menjadi lebih berpengaruh.

Berdasarkan survei tersebut, Partai Republik juga memiliki perbedaan ideologi yang lebih luas di dalam partainya, dan Partai Republik yang konservatif menonjol dalam banyak hal.

Seorang tentara berjaga di depan Balai Agung Rakyat, Beijing, China.

Photo :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie.

Partai Republik Konservatif memiliki kemungkinan 25 poin persentase lebih besar dibandingkan dengan Partai Republik yang moderat dan liberal untuk mengungkapkan pandangan yang sangat tidak menyenangkan terhadap China (68 persen vs 43 persen), meskipun tidak ada perbedaan antara Demokrat liberal dan Demokrat moderat dan konservatif mengenai pertanyaan ini, menurut laporan survei.

Dibandingkan dengan Partai Republik yang moderat dan liberal, Partai Republik yang konservatif juga 31 poin lebih mungkin melihat China sebagai musuh AS, sementara tidak ada perbedaan ideologi di antara Partai Demokrat, tambah laporan itu.

Meskipun 83 persen dari anggota Partai Republik yang konservatif mengatakan bahwa pengaruh China di dunia telah semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir, 68 persen dari anggota Partai Republik yang moderat dan liberal mengatakan hal yang sama, dan hal yang terakhir ini serupa dengan pendapat dari anggota Partai Demokrat yang moderat dan konservatif (67 persen) dan liberal. Partai Demokrat (69 persen) menganut pandangan ini, menurut laporan survei.

Survei tersebut menemukan bahwa orang Amerika yang lebih tua umumnya lebih kritis terhadap China, dan mereka juga merasakan peningkatan pengaruh China di dunia internasional.

Berdasarkan laporan jajak pendapat, 61 persen mayoritas orang dewasa berusia 65 tahun ke atas mempunyai pandangan yang sangat tidak menyenangkan terhadap China, dibandingkan dengan 27 persen orang dewasa di bawah 30 tahun. 

Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas juga dua kali lebih mungkin melihat China sebagai musuh AS dibandingkan mereka yang berusia 18 hingga 29 tahun. Selain itu, orang dewasa muda lebih cenderung menyebut Beijing sebagai pesaing dan negara dibandingkan mereka yang berusia lebih tua. mitra, laporan itu menambahkan.

Washington DC

Photo :
  • IG Donald Trump.

Sekitar tiga perempat orang dewasa Amerika berusia 65 tahun ke atas mengatakan pengaruh China semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir, sementara sekitar dua pertiga orang dewasa di bawah 30 tahun mengatakan hal yang sama, menurut laporan jajak pendapat.

Masyarakat Amerika yang memiliki pandangan masam terhadap perekonomian AS mempunyai opini yang lebih kritis terhadap China, karena mereka yang mengatakan bahwa situasi perekonomian AS saat ini buruk cenderung memiliki opini yang tidak baik terhadap China dan mengatakan bahwa China mempunyai banyak atau cukup banyak pendapat negatif. pengaruhnya terhadap perekonomian AS, dan mereka juga lebih cenderung melihat China sebagai musuh jika dibandingkan dengan mereka yang memandang positif perekonomian, berdasarkan survei.

Terkait dengan perasaan bahwa pengaruh Beijing baru-baru ini semakin kuat, keinginan untuk membatasi China lebih menonjol di kalangan warga Amerika yang lebih tua dan anggota Partai Republik, karena 49 persen warga Amerika memberikan prioritas utama untuk membatasi kekuasaan dan pengaruh China.

Meskipun membahas tentang “pengaruh ekonomi China terhadap Amerika Serikat”, lembaga think tank tersebut menemukan bahwa sebagian besar masyarakat Amerika, sekitar 82 persen, berpendapat bahwa China setidaknya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kondisi perekonomian di Amerika Serikat, termasuk 28 persen yang mengatakan hal itu mempunyai pengaruh yang besar.

Jajak pendapat tersebut mengungkapkan bahwa sekitar dua pertiga warga Amerika menganggap China memiliki pengaruh negatif yang besar atau cukup besar terhadap kondisi perekonomian AS.

Tahun lalu, survei serupa yang dilakukan oleh lembaga pemikir urusan internasional yang berbasis di Chicago, Chicago Council on Global Affairs, menemukan bahwa orang Amerika saat ini merasakan lebih banyak ancaman dari China dibandingkan tiga dekade terakhir.

Ilustrasi ekonomi Amerika Serikat

Photo :
  • BusinessInsider

Jumlah penduduk Amerika yang mencapai rekor tertinggi, 58 persen, memandang perkembangan China sebagai kekuatan dunia sebagai ancaman penting terhadap kepentingan vital Amerika Serikat, dan mereka sangat khawatir terhadap kebangkitan negara Asia yang dikuasai oleh PKC dibandingkan sebelumnya sejak akhir Perang Dunia II. 

Menurut survei tersebut, survei tersebut, yang dilakukan pada bulan September tahun lalu, juga menemukan bahwa sebagian besar warga Amerika, sekitar 46 persen, mengatakan bahwa para pemimpin Amerika Serikat tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap isu persaingan AS dengan China.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya