Persembahan Pertama Moyes untuk MU

Robin van Persie (kiri) dan David Moyes (kanan)
Sumber :
  • Sky Sports
VIVAbola - Setan Merah berhasil menjuarai Community Shield setelah menundukkan Wigan Athletic di Stadion Wembley, Minggu malam 11 Agustus 2013 dengan skor 2-0. Juara Community Shield ini menjadi persembahan trofi pertama manajer anyar MU, David Moyes.

Robin van Persie, pencetak dua gol di laga itu meyakini sukses ini bisa menjadi tanda jika Setan Merah bisa memperpanjang kesuksesan di bawah arahan David Moyes dalam beberapa waktu ke depan. Khususnya mempertahankan gelar Premier league musim ini.

"Kami juara dan berdasarkan fakta itu kami adalah favorit untuk meraih gelar di musim 2013/14 ini. Saya percaya tim ini bisa bersaing di semua ajang hingga akhir musim," kata RVP seperti dilansir Sky Sports.

Kemenangan atas Wigan di Community Shield sekaligus menjadi jawaban atas keraguan para fans MU terhadap performa mereka di masa pra musim. MU hanya mampu memenangkan dua laga di pra musim dan hanya mencetak 13 gol dari tujuh laga yang dijalaninya.


"Kami mengalami masa persiapan yang kurang bagus di pramusim. Hanya mencetak sedikit gol, tapi itu faktanya. Namun, kini kami telah berkembang sebagai tim. Bekerja dengan keras dan sangat baik," ujar pemain veteran MU, Ryan Giggs.


Tugas MU diyakini akan lebih berat di musim 2013/14. Pasalnya, para pesaing mereka di Liga Inggris seperti Chelsea, Manchester City, hingga Arsenal sudah berkembang pesat dan bisa merusak potensi mereka untuk kembali menjadi juara.


"Memang sangat sulit ketika kalian sudah menyandang status juara di musim lalu. Kalian dituntut untuk tetap mempertahankan performa baik bahkan fans mengharapkannya lebih bagus lagi," ungkap Giggs.


Sementara itu, sang manajer, David Moyes mempersembahkan kesuksesan ini untuk sang mentor, Sir Alex Ferguson. Pasalnya Moyes yang resmi ditunjuk sebagai manajer MU pada Juli 2013 lalu itu berkat rekomendasi Ferguson.


"Saya persembahkan trofi Comunity Shield ini untuk Fergie. Ini adalah tim yang dimilikinya pada musim lalu dan memenangkan trofi ini sekarang. Saya hanya pelengkap dari mereka," ujar Moyes seperti dilansir Sports Direct.


"Trofi ini juga menjadi ucapan terima kasih saya untuk Fergie karena telah mempercayakan posisi manajer tim kepada saya," tambah mantan manajer Everton tersebut.


Trofi Community Shield kali ini adalah yang ke-20 bagi MU. Terakhir kali mereka menjuarai Community Shield pada 2011 lalu setelah mengalahkan Manchester City.


Kini tantangan Moyes selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan performa MU untuk bisa mempertahankan gelar juara Liga Inggris. Pada musim 2013/14, MU hanya menempati tempat ketiga unggulan peraih gelar juara Liga Inggris di bawah Chelsea dan Manchester City.


Saga Transfer Rooney Terus Berlanjut

Sukses menjuarai Community Shield ternyata masih belum bisa membuat MU tenang memulai musim baru. Pasalnya persiapan mereka jelang Premier League bergulir masih diusik spekulasi rencana Rooney hengkang dari MU yang terus menyeruak ke permukaan.


Jarak antara Wayne Rooney dengan MU pun disinyalir semakin merenggang. Hal itu tidak terlepas dari pencoretan nama Rooney dari skuad MU sepanjang pramusim 2013-14. Mantan penyerang Everton ini pun menggunakan media Facebook untuk melemparkan sindiran Moyes.


Sejak mendarat di Thailand, Ronney langsung kembali pulang ke Inggris karena dinyatakan cedera oleh Moyes. Sejak saat itu, Rooney belum tampil sekali pun, salah satunya di pertandingan Community Shield Minggu malam kemarin.


Meski tercoret, manajer Timnas Inggris Roy Hodgson tetap mempercayakan Rooney untuk mengisi skuad Inggris untuk melawan Skotlandia hari Rabu, 14 Agustus 2013, dalam laga persahabatan melawan Skotlandia.


"Tidak sabar untuk segera bergabung dengan skuad Inggris dan berharap bisa bermain di laga kompetitif, hal yang terjadi setiap melawan Skotlandia," tulis Rooney dalam akun resminya di Facebook Sabtu kemarin.


"Terima kasih sebesar-besarnya pada Roy Hodgson untuk memilih saya dan menunjukan kepercayaan dan dukungannya. Saya sangat menghargai itu," lanjutnya tanpa menyebut nama Moyes sedikit pun.


Tulisan itu menunjukan Rooney tidak memiliki masalah sama sekali dengan cedera yang belakangan ini dikaitkan dengannya. Pemain 27 tahun itu tampaknya fit dan siap tampil. Komentar ini ditulis Rooney usai menjalani latihan di Carrington bersama beberapa tim MU U-21.


Rooney sendiri saat ini tengah jadi incaran Chelsea. Kabar terakhir, Jose Mourinho menempatkannya di posisi teratas daftar belanja dan sudah menyodorkan tawaran sebesar 30 juta Poundsterling. Layak disimak akhir dari Saga Transfer Rooney saat bursa transfer musim panas ditutup 31 Agustus mendatang.