Survei: Ramadan, Banyak Orang Belanja Online Saat Sahur

Ilustrasi donasi online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Aktivitas belanja online, semakin digemari. Bahkan di bulan Ramadan ini, jumlah peminat untuk melakukan belanja online terus meningkat.

Destinasi fesyen online terbesar di Asia, Zalora bahkan sukses menyelenggarakan kampanye ZALORAMADHAN 2018 dan mencatat peningkatan penjualan pakaian muslim hingga 25 kali lipat dibandingkan hari biasanya. Dari kampanye yang digelarnya, terungkap pula kebiasaan konsumen berbelanja online.
 
“Kami melihat pertumbuhan yang sangat tinggi di industri retail menjelang dan selama Ramadhan. Peningkatan penjualan yang signifikan ini menjadi tanda pergeseran perilaku belanja masyarakat menjadi online," kata CEO Zalora Indonesia, Anthony Fung lewat rilis yang dikirmkan pada VIVA.

Untuk mengantisipasi lonjakan penjualan menyambut Hari Raya, Zalora pun bekerja sama dengan banyak label lokal dan internasional untuk menyiapkan berbagai pilihan produk berkualitas.

"Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan 8 top desainer busana muslim Indonesia untuk meluncurkan koleksi eksklusif dengan Zalora."  

Zalora juga mengadakan berbagai rangkaian acara dan kampanye untuk menyambut Ramadan. Anthony melanjutkan, “Rangkaian acara dan kampanye yang kami sampaikan melalui video ‘Rayakan dengan Ikhlas’ dengan tiga desainer ternama Indonesia, Ria Miranda, Vivi Zubedi dan Nabila Hatifa, menjadikan ZALORAMADHAN tahun ini semakin semarak. Terbukti dengan koleksi spesial Ria Miranda untuk Zalora hampir habis terjual dalam kurun waktu beberapa jam saja."

Fakta menarik lainnya mengenai perilaku konsumen selama ZALORAMADHAN 2018 salah satunya adalah peningkatan belanja pelanggan pada saat Sahur. Tercatat juga peningkatan aktivitas belanja pada pelanggan yang berumur 21 sampai dengan 35 tahun, dimana 70 persen dari total transaksi Zalora berasal dari grup umur tersebut.

Kebanyakan pelanggan bertransaksi melalui mobile, ditandai dengan traffic yang tinggi dari aplikasi Zalora. Sementara wilayah yang paling dominan dalam akumulasi transaksi berasal dari berbagai DKI Jakarta, diikuti oleh Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.

Produk-produk yang banyak dicari wanita adalah kaftan, blouse, sepatu hak tinggi, sepatu flat dan jam tangan, sedangkan produk–produk yang banyak dicari pria adalah baju koko, kemeja, kaos kasual, sepatu sneakers dan jam tangan.

Beberapa label favorit yang banyak dicari 2018 adalah Mango, Hush Puppies, Kamilaa by Itang Yunasz, Vans, Levi’s, Carvil, Lois Jeans dan beberapa label milik Zalora.