Sambut Industri Halal di Indonesia, Ivan Gunawan Turut Serta

Ivan Gunawan
Sumber :
  • Ist

VIVA – Kementerian Perindustrian menggelar Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-Motion). Acara tersebut bertujuan untuk membuka dan memperluas jangkauan pemasaran produk muslim Indonesia.

Selain itu, Kemenperin juga ingin mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) produk muslim, memperkuat citra Indonesia sebagai pemain penting dalam industri halal dunia. Mereka pun ingin mendukung Indonesia agar menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

"Kesempatan pelaku IKM Indonesia untuk masuk pasar dunia sangat besar, sayang apabila kita tidak menggunakan potensi ini. Maka itu, kami fasilitasi dengan pameran ii-Motion agar produk Indonesia bisa menembus ekspor," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, menurut Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin Indonesia merupakan pasar yang besar bagi produk muslim, karena sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, mencapai 229 juta jiwa. Angka tersebut merupakan 87,2% dari populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 276,3 juta jiwa atau 12,7% dari populasi muslim dunia.

Maka Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. Hal ini didukung dengan sumber daya yang dimiliki, termasuk potensi sektor industri di Indonesia. 

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, kebutuhan masyarakat terhadap produk dan jasa berlabel halal semakin meningkat. Hal tersebut seiring dengan bertambahnya kesadaran terhadap kualitas, keamanan dan kesehatan produk yang dikonsumsi. 

"Pameran virtual dalam kegiatan ii-Motion 2021 diikuti sebanyak 142 peserta yang berasal dari kelompok komoditas makanan dan minuman, fesyen, sepatu, tas, perhiasan, kosmetik serta peralatan rumah tangga. Selain itu, terdapat satu booth Program Santripreneur, dua Klinik Konsultasi dan Fasilitasi bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM), serta empat booth Penghargaan IKM," ujarnya.

Photo :
  • Ist

Booth Penghargaan diisi oleh berbagai program dan penghargaan yang diselenggarakan Kemenperin dengan target pelaku IKM, yaitu: Indonesia Food Innovation (IFI), Modest Fashion Project (MOFP), Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA), dan Indonesia Good Design Selection (IGDS). 

Selain itu, di antara peserta terdapat empat booth icon yang diisi oleh desainer ternama Tanah Air, yaitu Ivan Gunawan, Jenahara, Ida Royani, dan Irfan Hakim. 

"ii-Motion akan menjadi salah satu kunci ekonomi syariah dan industri halal Indonesia. Ini pintu menuju kesuksesan induk pasar prodak halal. Karena pasca lebaran busana muslim masih tetap menjadi primadona. Dan beberapa bulan ke depan kita akan menghadapai hari raya idul Adha, tetap busana muslim yang terdepan," kata Itang Yunaz.