Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Siswa melakukan praktik proses produksi industri di unit pendidikan Kemenperin.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Program Jalur Penerimaan Vokasi Industri (JARVIS) yang dikelola oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka kesempatan pendaftaran mulai tanggal 22 April hingga 31 Mei 204. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk menghasilkan SDM yang kompeten guna meningkatkan produktivitas dan daya saing industri nasional.

Transformasi Guraru dari Acer, Keuntungan yang Didapatkan Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Menurutnya, JARVIS Bersama diselenggarakan di berbagai lembaga pendidikan di bawah Kemenperin, termasuk sembilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 11 Politeknik, dan dua Akademi Komunitas. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2022, program ini terus menarik minat dengan jumlah pendaftar yang terus meningkat. Pada tahun 2023, terdapat 31.211 calon siswa dan mahasiswa yang mendaftar melalui jalur ini.

Dilansir dari Antara, Kamis 25 April 2024, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan, menjelaskan bahwa calon siswa dan mahasiswa dapat mendaftar melalui situs jarvis.kemenperin.go.id. Untuk tahun 2024, terdapat kuota pendaftaran sebanyak 1.702 kursi untuk politeknik dan akademi komunitas Kemenperin, serta 562 kursi untuk SMK Kemenperin.

Unhas Antisipasi Kecurangan Berteknologi Canggih di UTBK 2024

JARVIS memiliki tiga jalur pendaftaran, yaitu JARVIS Mandiri yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan masing-masing, JARVIS Prestasi untuk siswa berprestasi, dan Jarvis Bersama yang diadakan secara serentak oleh Kemenperin di lembaga pendidikan di bawahnya.

Proses penerimaan siswa dan mahasiswa baru melalui program ini melibatkan beberapa tahapan, termasuk periode pendaftaran, sosialisasi mengenai teknis ujian, dan ujian masuk JARVIS Bersama. Ujian untuk SMK akan dilaksanakan pada 6 Juni, sedangkan ujian untuk Politeknik akan digelar pada 14 Juni mendatang secara daring (online). Para peserta yang lolos akan mengikuti ujian wawancara secara luring (offline) di sekolah atau kampus yang dituju.

Kampus di Tangerang Buka Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri, Ini Syarat dan Kuotanya

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

OIKN Hadirkan Sekolah Bertaraf Internasional di IKN

Direktur Pelayanan Dasar Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Suwito, mengumumkan pembentukan kemitraan strategis dengan Kementerian PUPR dan Kemendikbudristek.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024