Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Selamatkan Bocah, 30 Dokter dan Perawat Bergantian Beri Napas Buatan

Sabtu, 29 September 2018 | 07:30 WIB
Foto :
  • mp.weixin.qq.com
Dokter dan perawat di Rumah Sakit Anak-anak Changzhou Municipal melakukan CPR

VIVA – Satu tim medis di China berhasil menyelamatkan nyawa seorang anak laki-laki dengan secara bergantian melakukan CPR (CardCardiopulmonary Resuscitation) atau teknik menekan dada dan memberikan napas buatan.

Pasien yang diidentifikasi sebagai Xiao Yu, berusia delapan tahun, menderita gagal jantung saat orangtuanya membawanya ke Rumah Sakit Anak-anak Changzhou Municipal di Changzhou, Provinsi Jiangsu, China.

Baca Juga

Dilansir dari laman NextShark, kondisi bocah itu terus memburuk, dan sangat membutuhkan peralatan lebih baik yang hanya dimiliki oleh rumah sakit modern di kota besar, para dokter menyarankan agar pasien dipindahkan ke Shanghai.

Dokter mengatakan bahwa untuk bisa menyelamatkan Xiao Yu, dibutuhkan perawatan extracorporeal membrane oxygenation (ECMO). Perawatan ini melibatkan sistem pendukung kehidupan yang dapat menaruh oksigen ke darah pasien dan membantu mengambil alih tugas jantung dan paru-paru.

Tapi, saat anak laki-laki itu menunggu untuk dipindahkan pada pekan lalu, tekanan darahnya menurun dan jantungnya berhenti berdetak saat ia mengalami kejang karena fulminan miokarditis atau peradangan pada jantung.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler