Tren Donasi Online Selamatkan Wanita Ini dari Maut

Ilustrasi donasi online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Belakangan donasi online untuk kesehatan seakan menjadi tren tersendiri. Berkat kemajuan zaman, kini masyarakat tidak harus menolong secara langsung, tapi bisa dengan cara berdonasi melalui platform. 

Seperti kisah Irma yang viral di media sosial beberapa waktu lalu. Lewat donasi online, ia berhasil menggalang dana hingga ratusan juta untuk menyelamatkan dirinya dari maut. Irma adalah seorang pengemudi transportasi online, ia mengalami kecelakaan lalu lintas awal Januari lalu. Ia terjatuh dari sepeda motor dan bagian bawah tubuhnya terlindas ban sebuah truk kontainer. 

Irma dilarikan ke rumah sakit dengan kondisi kaki kanan patah tulang dan kaki kiri harus dilakukan tindak operasi pemasangan pen. Malangnya, si penabrak melarikan diri sehingga ibu Irma harus menanggung biaya rumah sakit yang membengkak hingga Rp95 juta.

Di tengah kemelut itu, suami Irma dikenalkan sistem donasi online. Tak butuh waktu lama, bantuan terus mengalir sejak 18 Januari 2019. Dalam waktu 10 hari Irma mampu mengumpulkan sebanyak Rp104.360 juta, melebihi target donasi sejumlah Rp100.000 juta.

Kisah Irma bisa terjadi pada siapa saja, hal tersebut membuktikan bahwa masih banyak insan peduli yang bersimpati terhadap sesama. Di lain sisi keberadaan platform donasi online juga sangat membantu.

Public Relation Manajer Peduli Sehat Junarti Canseria mengatakan walaupun Indonesia memiliki perbedaan suku, ras, agama, profesi, dan lain-lain, perbedaan tersebut tidak menyurutkan mereka untuk membantu sesama yang sedang tertimpa musibah melalui berbagai cara.

"Peduli Sehat hadir sebagai platform donasi online khusus membantu mereka yang menghadapi penyakit dan kekurangan biaya perawatan," ujarnya kepada VIVA, Jumat 1 Februari 2018.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa platform donasi online seperti pedulisehat.id tersebut bisa diakses melalui website, aplikasi Android, dan media sosial, seperti Instagram dan Facebook.