Polusi Udara Bisa jadi Penyebab Haid Tak Teratur

Ancam Kesehatan, Jakarta Darurat Polusi Udara
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Polusi merupakan suatu bencana alam dan menjadi penyebab dari banyak sekali penyakit. Termasuk menstruasi yang tidak teratur. Ya, sebuah studi telah menunjukkan adanya korelasi antara polusi udara dan haid tak teratur.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Human Reproduction tersebut menunjukkan bahwa polusi udara bisa mengakibatkan ketidaksuburan, sindrom ovarium polikistik, dan sindrom metabolik. Hal sama juga diungkapkan oleh para ahli di University of Massachusetts.

Dilansir dari laman Times of India, jika remaja putri di kelompok usia 14-18 tahun terpapar polusi, itu bisa memicu meningkatnya risiko mengalami haid tidak teratur. Bahkan koreksi dan mencapai lagi keteraturan haid bisa membutuhkan waktu lama, meskipun ketika mereka sudah mencapai usia dewasa.

"Meski papara polusi telah lama dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular dan paru-paru, studi ini menunjukkan bahwa kemungkinan ada sistem lain yang juga terpengaruh, seperti sistem endokrin reproduksi," ujar Shruthi Mahalingaiah, penulis penelitian.

Hubungan antara keduanya didasarkan pada fakta bahwa partikulat di udara memicu aktivitas hormonal. Akibatnya, hal ini mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita.

"Implikasi pada penyakit manusia bisa datang dari pengurangan emisi pada tingkat global dan individu," kata Mahalingaiah menambahkan.