Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.
Sumber :
  • Pixabay/Saranya7

VIVA Lifestyle – Ada banyak pertanyaan yang ada di benak umat muslim tentang ibadah Ramadhan. Salah satunya terkait haid yang keluar jelang berbuka puasa.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Tak sedikit dari wanita yang bertanya-tanya setelah seharian berpuasa, namun beberapa menit jelang berbuka ternyata mereka menstruasi. Lalu, bagaimana status puasanya, apakah batal atau tetap dihitung telah berpuasa? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

Pendakwah, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, status puasa orang tersebut adalah batal meski sudah tinggal menghitung waktu jelang berbuka puasa.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

“Status puasanya batal pada saat itu, dan tidak terhitung sebagai 1 Ramadhan. Ya satu kali puasa misalnya, Anda tidak bisa dapatkan,” ungkap Ustaz Adi Hidayat dalam tayangan YouTube, dikutip Kamis 21 Maret 2024.

Ustaz Adi Hidayat (UAH)

Photo :
  • YouTube: Ustaz Adi Hidayat
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Meski demikian, Ustaz Adi mengungkap bahwa mereka yang puasanya batal lantaran keluar haid jelang beberapa saat berbuka, harus tetap berbahagia. Sebab, pahala dari niat orang tersebut untuk berpuasa di hari tersebut sudah dicatat dalam buku amalan. 

“Tapi berbahagialah Anda, kenapa? Karena pahala Anda sudah didapatkan dengan niat Anda. Ya, semua amalan tergantung kepada niatnya, Anda bersabar dengan menerima takdir Allah SWT, terima itu, karena itu yang terbaik bagi Anda. Anda sudah niat berpuasa, sudah melakukan kebaikan, maka itu dicatat sebagai pahala yang Insya Allah tertuliskan limpahan-limpahan pahalanya,” jelasnya.

Ustaz Adi juga menjelaskan, untuk menghilangkan rasa menyesal dan kecewa, Allah sendiri telah memberikan pahala kepada umatnya yang sudah berpuasa. 

“Lantas apa yang perlu Anda lakukan? Pertama Anda harus bersabar dengan menerima takdir Allah SWT, terima itu karena itu yang terbaik buat Anda. Karena Anda sudah niat berpuasa, sudah melakukan kebaikan dan itu sudah dicatat sebagai pahala yang Insya Allah dicatat limpahan pahalanya,” ungkapnya.

“Kedua pada sampai demikian masanya, jangan kecewa karena itu ketetapan yang terbaik menurut Allah. Jangan menyesal, jangan kecewa. Kenapa? Pahala diberikan Allah kepada Anda. Terima dengan baik, rencanakan amalan-amalan yang bisa dikerjakan selama haid. Itu akan tetap dihitung sebagai pahala yang mengalir, tapi puasa Anda tidak dihitung puasa di hari itu,” pungkas Ustaz Adi Hidayat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya