Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Ilustrasi vagina
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Sebagai seorang wanita, pernahkah Anda mencium aroma kurang sedap di area kewanitaan ketika sedang berada di kamar mandi? Terkadang bau kurang sedap itu membuat kita merasa tidak nyaman, terlebih ketika sedang bercumbu bersama pasangan. 

Nagita Slavina Bocorkan Rahasia Perawatan Tubuhnya

Vagina sendiri diketahui merupakan rumah bagi kelenjar keringat dan miliaran bakteri. Maka tidak heran jika ketika dalam keadaan lembab vagina menjadi beraroma. Namun aroma vagina yang normal seharusnya tidak berbau segar, atau wangi apek. Scroll lebih lanjut.

Memang aroma vagina setiap orang itu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi, hormon, hingga flora pada vagina wanita. Namun perlu diketahui ada beberapa bau vagina yang normal pada setiap wanita. Apa saja dan mengapa baunya demikian? Berikut ini rangkumannya seperti dilansir dari laman Womens Medical Associate of Nashville.

Lindungi Anak Dari Bahaya Penyakit Menular! Ketahui Jenis Imunisasi yang Tepat

1. Bau Tajam Atau Bau Seperti Fermentasi

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Aroma yang sedikit tajam atau asam, mirip dengan bau beberapa makanan fermentasi, adalah normal. Hal ini disebabkan oleh adanya bakteri "lactobacilli" yang mendominasi sebagian besar vagina yang sehat. Bakteri ini membantu menjaga vagina tetap asam, melindungi terhadap pertumbuhan bakteri jahat.

2. Bau "Penny" Tembaga 

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya darah dari menstruasi, atau luka kecil atau goresan saat berhubungan seks karena area vagina yang kekeringan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kecuali Anda terus mengalami pendarahan yang tidak terkait dengan menstruasi Anda atau area vagina yang terasa gatal.

3. Bau Manis 

Ilustrasi vagina

Photo :
  • Times of India

Beberapa bakteri di vagina dapat menyebabkan bau yang sedikit manis. Namun, jika baunya sangat manis dan Anda melihat keluarnya cairan yang terlihat seperti keju cottage, ini bisa mengindikasikan infeksi jamur, terutama jika disertai dengan sensasi rada terbakar, kering, dan gatal.

4. Bau Seperti Bau Badan Atau Bau Ketiak 

Wanita memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang tinggi di sekitar bagian luar vagina pada labia majora. "Kelenjar apokrin" ini mirip dengan yang ditemukan di ketiak, dan dapat menghasilkan cairan yang bereaksi terhadap kehadiran bakteri vagina untuk menciptakan aroma "bau badan" yang menyengat. Namun bau seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.

5. Bau Amis seperti Ikan Busuk yang menyengat

Anda mungkin pernah mendengar bau vagina abnormal yang digambarkan  " mencurigakan" sebelumnya. Bahan kimia trimetilamin adalah yang bertanggung jawab atas bau ikan yang membusuk, dan juga dapat menjadi penyebab beberapa bau vagina.

Bacterial vaginosis (BV) adalah penyebab umum pertumbuhan bakteri anaerob yang dapat menyebabkan vagina berbau seperti ikan busuk. Atau, trikomoniasis, IMS yang paling umum disembuhkan, bisa menjadi penyebab bau seperti ini. Bagaimanapun, bau ikan busuk yang sangat bau tidak normal, periksalah kondisi tersebut ke ahlinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya