5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ilustrasi perut buncit
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Lemak perut seringkali dikeluhkan oleh orang dewasa. Keluhan itu datang lantaran perut buncit dikatakan dapat merusak penampilan dan membuat gerak menjadi tak leluasa.

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Terlepas dari penampilan dan gerak yang jadi terbatas, ternyata perut berlemak sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama.

Menurut laporan healthline, Jumat 26 April 2024, lemak perut dapat memicu risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Ilustrasi perut buncit - lemak perut.

Photo :
  • Freepik: Anastasia Kazakova

Lantas, bagaimana cara menurunkan lemak perut?

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

1. kurangi konsumsi alkohol

Masih dari sumber yang sama, Satu studi tentang konsumsi alkohol, melibatkan lebih dari 2000 orang membuktikan bahwa mereka yang tidak minum alkohol memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang minum alkohol setiap hari.

2. Konsumsi banyak serat

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Asupan serat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, mengurangi jumlah kalori yang diserap dari makanan, serta membantu mengendalikan gula darah.

Beberapa makanan kaya serat meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan polong-polongan seperti kacang dan lentil. Buah dengan embel-embel "beri" seperti stroberi, rasberi dan beri hitam juga merupakan sumber serat yang kaya akan nutrisi.

Lemak berlebih di perut indikasi obesitas.

Photo :
  • Unsplash

3. Konsumsi makanan berprotein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan. Asupan protein yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Protein juga meningkatkan metabolisme dan membantu kamu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang makan banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang makan rendah protein.

Berikut sumber protein yang baik untuk menurunkan lemak perut: daging, ikan, telur, susu dan kacang polong

4. Kelola stres

Stres dikatakan dapat membuat seseorang bertambah gemuk lantaran dapat memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres. Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan sehingga, mendorong penyimpanan lemak perut.

Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Misalnya berlatih yoga atau meditasi bisa jadi metode yang efektif.

Perut jadi buncit biasanya terjadi karena gaya hidup yang malas bergerak dan konsumsi makanan tak sehat yang berlebih.

Photo :
  • Pixabay/pezibear

Puasa telah lama dikenal sebagai metode penurunan berat badan dan mengurangi kadar lemak di perut. Anda dapat melakukannya sebagaimana yang dilakukan umat Muslim di bulan Ramadhan.

Dalam laporan studi tentang puasa, orang yang melakukan puasa mengalami penurunan 4-7% lemak perut dalam 6-24 Minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya