Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Bendera Arab Saudi.
Sumber :
  • Ist

Riyadh– Arab Saudi mengumumkan Idul Fitri 1444 Hijriah/2024 jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Keputusan itu ditetapkan Mahkamah Agung Arab Saudi setelah hilal Syawal tidak terlihat pada Senin malam, 29 Ramadhan.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Menurut Mahkamah, hari Selasa, 9 April 2024, akan menjadi hari terakhir bulan suci 1445 Hijriah, dan perayaan Idul Fitri akan dimulai pada Rabu, 10 April, seperti dilansir Arab News.

Salat Idul Fitri akan dilaksanakan di seluruh Kerajaan pada hari Rabu, tak lama setelah matahari terbit, dengan pengaturan menyeluruh dibuat untuk mengakomodasi jamaah salat Idul Fitri tahunan.

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Saudi Syekh Abdullatif Al-Asheikh baru-baru ini mengeluarkan arahan untuk mengadakan salat Idul Fitri 15 menit setelah matahari terbit, sesuai dengan kalender Umm Al-Qura.

Ilustrasi idul fitri

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Dalam surat edarannya, Menteri mengatakan salat Idul Fitri harus dilakukan di tempat salat terbuka yang telah ditentukan, serta di semua masjid, kecuali yang berdekatan dengan tempat salat.

Beliau menekankan pentingnya persiapan sejak dini untuk melaksanakan salat Idul Fitri di tempat salat dan masjid yang telah ditentukan, memastikan semua layanan yang diperlukan, termasuk pemeliharaan, pembersihan, dan pengoperasian, tersedia sehingga jamaah dapat menjalankan ibadahnya dengan mudah dan nyaman.

Uni Emirat Arab (UAE) juga mengumumkan bahwa Rabu, 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal, akan menjadi hari pertama Idul Fitri.

Menurut Komite Pengamatan Bulan UEA. Dengan demikian Selasa, 9 April akan menjadi hari terakhir Ramadhan.

Abdullah bin Sultan bin Awad Al Nuaimi, Menteri Kehakiman dan Ketua Komite, mengatakan bahwa komite tersebut, setelah menggunakan metode syariah dalam melihat hilal dan melakukan kontak yang diperlukan dengan negara-negara tetangga, tidak dapat melihat hilal pada Senin malam , dan karenanya menyatakan bahwa Selasa, 9 April, adalah hari terakhir Ramadhan 1445, dan bahwa Rabu, 10 April, adalah hari pertama Idul Fitri.

Sebelumnya, pada hari Minggu, Mahkamah Agung Arab Saudi meminta seluruh umat Islam di seluruh Kerajaan untuk melihat bulan sabit Syawal pada Senin malam, 29 Ramadhan, bertepatan dengan 8 April.

Dalam pengumumannya, pengadilan mendesak siapa pun yang mengamati bulan sabit Syawal dengan mata telanjang atau melalui teleskop untuk melaporkannya ke pengadilan terdekat dan mencatat kesaksian mereka.

Saudi dan UAE memulai ibadah puasa Ramadhan pada 10 Maret 2024 lalu, dengan demikian mereka menggenapkan puasanya pada 30 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya