5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Bendera Uni Eropa.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Ada sedikitnya lima negara Eropa yang memiliki kekuatan militer terkuat di sana. Salah satu negara tersebut bahkan sedang berperang dengan Rusia sejak Februari 2022 lalu. Seiring berjalannya waktu, negara-negara di dunia ini terus mengembangkan kekuatan militernya. 

Mencoba Kelabui Petugas, 16 PMI Ilegal yang Sembunyi di Pulau Kosong Dibekuk Jajaran TNI AL

Bukan hanya melatih para tentara yang ahli, mereka juga turut memperkuat sektor militer dengan dukungan berbagai persenjataan canggih yang dibeli maupun dikembangkan sendiri. Pada 2023, Global Fire Power (GFP) kembali memberikan pemeringkatan negara terkuat. 

GFP pada saat itu hanya memeringkatkan negara terkuat di Eropa dan Rusia sendiri tidak masuk karena GFP mengelompokkannya sebagai negara Asia. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya. 

Israel Tarik Dubesnya dari Irlandia, Spanyol, dan Norwegia setelah Pengakuan Negara Palestina

1. Polandia 

Menteri Pertahanan Polandia, W?adys?aw Kosiniak-Kamysz

Photo :
  • RMF24
Rusia Mulai Latihan Nuklir, Peringatan Serius untuk Barat

Polandia menduduki peringkat pertama dalam daftar ini, berdasarkan data Global Fire Power 2023. Negara ini terletak di Eropa Tengah dan menempati peringkat ke-20 dari 145 negara yang dinilai dalam pemeringkatan tersebut.

Dengan skor indeks sebesar 0,3406, Polandia memperoleh peringkat tinggi di antara negara-negara Eropa dalam hal kekuatan militer. Anggota Uni Eropa ini memiliki kekuatan militer yang mencakup 120.000 personel aktif dengan dukungan berbagai jenis persenjataan di berbagai sektor, termasuk darat, laut, dan udara.

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • axios.com

Saat ini, Ukraina, yang dipimpin oleh Volodymyr Zelensky, sedang mengalami konflik bersenjata dengan Rusia. Konflik ini pecah setelah invasi oleh Kremlin pada 24 Februari 2022. Dengan skor power index 0,2516, Ukraina menempati peringkat keempat di Eropa dan peringkat ke-15 di dunia.

Hal ini menjadi wajar mengingat bagaimana Ukraina mampu menanggapi ancaman Rusia, terutama saat ini. Dengan populasi sekitar 43 juta jiwa, Ukraina memiliki sekitar 200.000 personel aktif dan berbagai peralatan militer yang cukup memadai.

Calon PM Italia, Giorgia Meloni.

Photo :
  • AP Photo/Gregorio Borgia.

Italia berada di urutan berikutnya sebagai negara Eropa dengan kekuatan militer tertinggi. Dalam pemeringkatan terbaru Global Fire Power 2023, Italia memiliki skor power index sekitar 0,1973 dan menempati peringkat ke-10 di dunia. Italia juga merupakan anggota NATO dan memiliki sekitar 170.000 personel aktif yang tersebar di darat, laut, dan udara.

4. Prancis

PM Baru Prancis Gabriel Attal

Photo :
  • AP Photos

Prancis memiliki kekuatan militer yang sangat kuat di Eropa. Selain personel aktif yang kompeten, mereka juga memiliki beragam persenjataan canggih. Menurut data Global Fire Power 2023, Prancis menempati peringkat ke-9 di dunia dengan skor power index 0,1848.

Sebagai anggota NATO, Prancis memiliki kekuatan militer yang tidak bisa dianggap remeh. Dengan jumlah personel aktif sekitar 205.000, kekuatan mereka tersebar di setiap cabang angkatan bersenjata.

Perdana Menteri Inggris (PM Inggris) Rishi Sunak

Photo :
  • AP Photo/David Cliff

Inggris berada di puncak daftar negara Eropa dengan kekuatan militer terbesar. Dengan peringkat kelima di dunia, mereka memiliki skor power index 0,1435 dan masuk dalam lima besar dunia menurut Global Fire Power 2023.

Selain jumlah personel dan peralatan militer yang tangguh, Inggris juga memiliki dukungan dari anggaran militer yang besar. Ini mungkin menjadi alasan mengapa mereka memiliki lebih dari satu kapal induk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya